Mengenali Isyarat Error Google Play

Pernahkah Anda mengalami problem datang dapat mengunduh aplikasi yg Anda inginkan dari Google Play atau tidak dapat meng-update aplikasi tertentu di dalam smartphone Anda? Jika ya, maka niscaya Anda akan melihat notifikasi kode-kode tertentu ketika problem tersebut terso.

Berikut akan disajikan bagaiamana mengenali kode-kode error tersebut serta solusi singkatnya.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 413
Munculnya aba-aba ini biasanya terso lantaran Anda memakai proxy pada koneksi dunia maya pada smartphone Anda. Solusinya ialah : masuk ke SETTING-APLIKASI-geser ke ALL kemudian temukan GOOGLE PLAY SERVICE tap Clear Data serta Force Stop. Lalu bersihkan cache-nya.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 403
Kode error in terso jikalau Anda punya dua akun Gmail yg berbeda. Uninstall saja aplikasinya kemudian unduh (download) ulang.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 492
Kode ini disebabkan lantaran ada problem pada dalvik cache. Dalvic cache ialah temporary space yg digunakan java virtual machine yg biasanya digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Solusinya ialah masuk ke hidangan Setting, geser ke hidangan All serta temukan Google Play Service. Sama menyerupai sebelumnya, tap "Clear Data" serta tap "Force Stop". Jika tidak berhasil, hapus dalvic-nya dengan masuk ke mobile recovery - pilih wipe dalvic cache - kemudian reboot smartphone Anda. Tapi untuk melaksanakan ini smartphone Anda sudah harus di-root.
  • GOOGLE PLAY- ERROR 497
Kode ini muncul ketika Anda tidak dapat men-download lantaran sesertag berlangsung proses update. Tunggu saja prosesnya tamat kemudian lakukan hal yg sama menyerupai aba-aba error 413. Clear Data serta tap "Force Stop pada Google Play Service.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 491
Kasusnya sama. Kode ini muncul ketika Anda tidak dapat men-download atau meng-update sebuah aplikasi yg Anda inginkan. Solusinya dapat Anda lakukan dengan meng-uninstall aplikasi yg bermasalah tadi. Lalu masuk ke Setting - Account - pilih "Google". Lalu tap ikon hidangan gambar bergaris di sudut kanan atas, tap "Remove Account".

Lakukan booting ulang, kemudian tambahkan lagi akun Google-nya. Masukkan saja akun usang Anda yg tadi telah dihapus. Bila Anda belum tahu, caranya dengan masuk kembali ke Setting - Account - pilih "Add Account". Lalu lakukan sekali lagi "Clear Data" serta "Force Stop". Unduh (download) kembali aplikasi yg Anda inginkan.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 498
Kode ini muncul lantaran storage Anda kepenuhan serta aplikasi yg akan Anda install tidak mau berjalan. Solusinya gampang saja, hapus file-file yg sudah tidak Anda perlukan. Atau jikalau smartphone Anda sudah di-root, masuk ke "Recovery Mode" serta lakukan "Wipe Cache Partition." - kemudian booting ulang.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 919
Sama dengan di atas, aba-aba ini terso lantaran storage Anda penuh. Hapus saja file-file atau aplikasi yg tidak Anda perlukan atau tidak Anda pakai lagi.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 923
Kode ini terso lantaran smartphone Anda gagal bersinkronisasi dengan akun Google. Bersihkan cache memory. Bersihkan file-file atau aplikasi yg sudah tidak Anda perlukan. Atau masuk ke mode "Recovery" serta lakukan wipe cache partition. Tenang, tidak akan menghapus data Anda. Booting ulang.
  • GOOGLE PLAY - ERROR 921
Solusinya sama. Lakukan "Clear Data", "Clear Cache", serta "Force Stop". Kode ini muncul di ketika Anda tidak berhasil men-download sebuah aplikasi. Atau jikalau tidak berhasil pun, hapus akun Google Anda, booting ulang, sertadaftarkan ulang.

Artikel Terkait