Tutorial Sembunyikan Foto Whatsapp Di Gallery

Seringkali kita mendapat kiriman foto melalui WhatsApp yg sejujurnya kita tidak ingin orang lain tahu. Kita pun tidak ingin foto tersebut muncul serta kelihatan di Gallery foto di sistem Android, apalagi jikalau smartphone Anda sering dipinjam sobat yg suka usil membuka serta melihat isi Gallery foto smartphone Anda. Untungnya, foto-foto yg kita terima melalui whatsApp tersebut sanggup kita sembunyikan. Bagaimana caranya?

Menyembunyikan foto yg diterima dari WhatsApp sanggup dilakukan dengan mudah, mengembalikan semoga foto tersebut sanggup muncul serta terlihat lagi pun pun gampang. Anda bahkan tak perlu melaksanakan rooting atau cara-cara lain yg susah. Pertama Anda membutuhkan aplikasi file manager. Di Google Play Store terdapat bermacam-macam aplikasi tersebut yg sanggup dipilih. Dua yg paling terkenal yaitu ES File Explorer, Astro File Manager, atau Total Commander.

  • Unduh Aplikasi File Manager
Aplikasi File Manager sanggup diunduh dari Google Play Store. Dalam tutorial ini kita memakai ES File Explorer. Namun Anda pun sanggup memakai aplikasi serupa lainnya sesuai dengan rujukan masing-masing.
  • Buka Aplikasi File Manager
Setelah proses instalasi selesai, buka serta jalankan aplikasi file manager dalam smartphone Anda.
  • Buka Folder WhatsApp
Setelah aplikasi dijalankan, kiprah Anda selanjutnya yaitu mencari tahu dimana file-file foto WhatsApp tersimpan. Biasanya, file tersebut berada di root folder/sdcard. Pilih folder WhatsApp kemudian di dalam folder tersebut, klik folder Media.
  • Buka Folder Media
Di dalam folder media terdapat sub folder lagi yg berjulukan WhatsApp images. Saat berada dalam folder tersebut, Anda diharuskan menciptakan file gres dengan menentukan tombol ikon "+" di pojok kiri bawah. Untuk aplikasi file manager lainnya menyesuaikan. Dengan menekan tombol ikon "+" tadi, maka kotak obrolan gres akan muncul yg memperlihatkan pilihan File serta Folder. Pilih hidangan "File".
  • Beri Nama File Baru
Setelah menentukan hidangan File, Anda harus memberi nama file gres tersebut dengan nama ".nomedia".
  • Buka Kembali Aplikasi Gallery
Setelah itu, file gres akan tersimpan dalam folder WhatsApp Images. Buka kembali aplikasi Gallery serta Anda akan melihat foto-foto di folder WhatsApp akan tersembunyi. Jika ingin memunculkan kembali foto-foto tersebut, Anda cukup menghapus file ".nomedia" tadi melalui file manager.

Perlu diingat, alasannya yaitu merupakan file sistem, kasertag file "nomedia" tidak ditampilkan oleh Android. Untuk itu, Anda perlu memunculkannya terlebih dahulu. Caranya? Di dalam ES File Explorer, Anda cukup melakukannya dengan menentukan tombol ikon biru di pojok kiri (telepon serta globe), kemudian scroll ke bawah sampai Anda menjumpai pilihan "Show hidden files." Aktifkan pilihan ini.
  • Menghapus File .nomedia
Kini file .nomedia tersebut muncul dalam folder WhatsApp Images. Yang perlu Anda lakukan yaitu menghapusnya. Tekan agak usang file nomedia itu, serta pilih opsi untuk menghapusnya dengan menekan tombol "Delete".

Jangan lupa untuk mematikan pilihan "Hidden Files" dalam folder Anda jikalau tidak ingin semua file ditampilkan dalam semua folder.

Artikel Terkait