Modus Kiprah Pada Jaringan Komputer

Tags

Rekayasa Jaringan - Tugas yg Rumit, yg melibatkan Perangkat Lunak, Firmware,  Rekayasa Tingkat Chip, Hardware, serta Pulsa Listrik. Untuk mepermudah Teknik Jaringan, Konsep Jaringan dibagi menso beberapa LAPISAN serta mempunyai kiprah masing-masing.


Setiap Lapisan terlibat dalam beberapa kiprah tertentu serta independen dari semua lapisan lain. Tapi secara keseluruhan, hampir semua kiprah jaringan bergantung pada semua lapisan. Lapisan mengembangkan data di antara mereka serta mereka bergantung satu sama lain hanya untuk Mengambil INPUT serta Mengirim OUTPUT.

Tugas setiap LAPISAN

Dalam Arsitektur berlapis dari Modus Jaringan Komputer, Satu proses seluruh jaringan dibagi menso tugas-tugas kecil. Setiap kiprah kecil lalu ditugaskan untuk lapisan tertentu yg bekerja dengan penuh pengabdian untuk memproses nya. Setiap lapisan hanya bekerja pekerjaan tertentu.

Dalam sistem komunikasi berlapis, satu lapisan host berkaitan dengan kiprah yg dilakukan oleh atau dilakukan oleh lapisan rekan-nya pada tingkat yg sama pada REMOTE HOST.

Tugas yg baik diprakarsai oleh lapisan di tingkat terendah atau paling tingkat atas.
Jika kiprah tersebut diprakarsai oleh Lapisan tingkat atas, diteruskan ke lapisan di bawahnya untuk diproses lebih lanjut.

Lapisan bawah melaksanakan hal yg sama, itu proses kiprah serta melewati ke lapisan bawah. Jika kiprah tersebut diprakarsai oleh lapisan paling bawah, maka alur kebalikan diposes.

Setiap lapisan gotong royong semua melaksanakan Prosedur, Protokol, serta Metode yg diperlukan untuk mengeksekusi bab tugasnya. Semua lapisan mengidentifikasi rekan-rekan mereka dengan cara ENCAPSULATION HEADER and TAIL

Model OSI (-Open System Interconnect-)

"Open System Interconnect" - Merupakan standar terbuka untuk semua sistem komunikasi. Model OSI didirikan oleh International Standard Organization (-ISO-). Model ini mempunyai tujuh lapisan:
Lapisan APPLICATION
Bertanggung jawab untuk menyediakan antarmuka untuk pengguna aplikasi. Lapisan ini meliputi protokol yg pribadi berinteraksi dengan pengguna.
Lapisan PRESENTATION
Mendefinisikan bagaimana data dalam format orisinil dari host remote harus disajikan dalam format orisinil dari tuan rumah.
Lapisan SESSION
Menjaga sesi antara host jarak jauh. Misalnya, sesudah otentikasi pengguna / sandi dilakukan, host remote mempertahankan sesi ini untuk sementara serta tidak meminta otentikasi lagi dalam rentang waktu.
Lapisan TRANSPORT
Bertanggung jawab untuk pengiriman end-to-end antara host.
Lapisan NETWORK
Bertanggung jawab untuk penentuan alamat serta mengatasi unik host dalam sebuah jaringan.
Lapisan DATA LINK
Bertanggung jawab untuk membaca serta menulis data dari serta ke garis. link kesalahan yg terdeteksi pada lapisan ini.
Lapisan PHYSICAL
Mendefinisikan Hardware, Sambungan Kabel, Output Daya, Denyut Nadi dll

Model INTERNET

Internet memakai TCP/IP Protocol, pun dikenal sebagai INTERNET SUITE. Mendefinisikan Model Internet yg berisi empat arsitektur berlapis. OSI Model Model komunikasi umum tetapi Internet Model yg memakai dunia maya untuk semua INTERNET-COMMUNICATION. Tidak tergantung dari Arsitektur Jjaringan yg mendasarinya so Model nya. Model ini mempunyai lapisan berikut:
Lapisan APPLICATION
Mendefinisikan protokol yg memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan. Sebagai contoh, FTP, HTTP dll
Lapisan TRANSPORT
Mendefinisikan bagaimana data harus mengalir antara Host. Protokol utama pada lapisan ini yaitu Transmission Control Protocol (-TCP-). Lapisan ini menjamin data yg dikirim antara Host dalam susunannya serta bertanggung jawab untuk pengiriman end-to-end.
Lapisan INTERNET
Internet Protocol (-IP-) bekerja pada lapisan ini. Lapisan ini memfasilitasi tuan menangani serta pengakuan. Lapisan ini mendefinisikan ROUTING. Mengarahkan ke tujuan yg sebenar nya
Lapisan LINK
Menyediakan prosedur pengiriman serta penerimaan konkret data.Unlike dengan rekan OSI Model, lapisan ini yaitu independen dari arsitektur jaringan yg mendasarinya serta perangkat keras.


Artikel Terkait