Ramadhan 2015, Aplikasi Android Untuk Panduan Ibadah Di Bulan Ramadhan

Tags

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim perlu mempersiapkan diri biar bisa memanfaatkan bulan tersebut secara maksimal untuk melakukan ibadah sebaik-baiknya. Termasuk diantaranya mempersiapkan kegiatan waktu puasa serta sholat yg biasa disokan panduan dalam melakukan ibadah.

Bagi pengguna Android, Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi yg ada di Google Play dengan nama Ramadhan 2015. Meski sederhana aplikasi ini tetap menunjukkan hal penting seputar ibadah puasa. Apa saja fitur-fitur yg tersedia didalamhya? 

Berikut ulasan singkatnya:
User interface
Ramadhan 2015 memakai tampilan sederhana berupa goresan pena yg dihiasi dengan warna dasar saja. Tampilannya yg terkesan kaku serta monoton ini memang terlihat kurang menarik bagi sebagian orang, namun aplikasi untuk tujuan ibadah memang lebih mementingkan isi konten.

Jika dilihat dari sisi positifnya, hal ini menciptakan performanya lebih ringan serta cepat tanpa terbebani oleh tampilan bergambar atau animasi. Untuk menampilkan fitur yg tersedia, pengguna bisa masuk ke pilihan Menu yg tersembunyi di pojok kiri atas. Dari sini pengguna bisa menelusuri aneka macam fungsi yg tersedia, termasuk klarifikasi singkat mengenai kegunaan puasa di bulan Ramadhan yg saygnya hanya ditampilkan memakai bahasa Inggris.

Selain itu, aplikasi ini banyak diselipi iklan baris serta iklan satu halaman yg akan muncul dikala Anda hendak masuk ke halaman lain.

Fitur
Karena dikhususkan sebagai pendukung bagi ibadah di bulan Ramadhan, aplikasi ini pribadi menampilkan waktu sahur serta buka puasa pada halaman utamanya. Selain itu Anda akan mendapati tanggalan masehi serta hijriyah. Bagi Anda yg tidak ingin terlewat waktu sahur, tersedia pilihan alarm yg anehnya tidak bisa ditentukan sendiri. Untuk menentukan waktu pada alarm, aplikasi ini hanya mengatakan pilihan waktu beberapa menit sebelum waktu sahur berakhir. 

Sebelum mendapat waktu serta kegiatan sahur, berbuka, serta sholat, Anda mesti meyesuaikan terlebih dahulu biar aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi di mana Anda berada. Untuk itu Anda bisa masuk ke pengaturan serta menentukan Change City. Jika aplikasi ini mendeteksi lokasi dengan tidak benar, tersedia pilihan manual guna menentukan lokasi Anda berada.

Begitu pula dengan penentuan waktu sholat waktu wajib yg mesti diatur terlebih dahulu dengan masuk ke pengaturan Adjust Prayer Times. Di dalamnya Anda bisa menentukan metode dalam menentukan kegiatan waktu sholat lima waktu. Setelah selesai, Anda bisa melihat kegiatan waktu sholat tersebut dengan  menekan ikon yg terletak di bab atas kanan.

Untuk melihat fitur yg tersedia, Anda bisa masuk ke bab menu. Di sini terdapat pilihan Calendar yg menampilkan waktu sahur serta berbuka menurut kalender harian menurut tanggalan masehi serta hijriyah. Jadwal kalender ini bisa Anda gunakan untuk menandai jikalau dikala itu sesertag berhalangan puasa sehingga Anda bisa ingat berapa hari waktu yg mesti dibayar nantinya.

Aplikasi Ramadhan 2015 ini pun disokong dengan beberapa doa khusus dikala berpuasa yg ditampilkan secara goresan pena (baik goresan pena Arab, arti, serta terjemahannya) serta bunyi melalui audio guna mempermudah pengguna. Dilengkapi pula dengan tampilan 99 nama Allah guna memperdalam amalan dikala berpuasa. Pengguna pun bisa menyebarkan isu dari aplikasi ini melalui media umum menyerupai Facebook, Twitter, Google+, serta SMS/MMS ataupun email.

Kinerja
Karena tampilannya sederhana, aplikasi ini sangat ringan sehingga bisa dipakai pada aneka macam ponsel, mulai dari jenis lawas (Android 2.3) sampai terbaru. Karena pada dikala instalasi semua data sudah tersimpan di ponsel, maka aplikasi ini bisa dijalankan dalam keadaan offline. Sehingga Anda bisa memanfaatkannya kapan saja meski tidak mempunyai jalan masuk dunia maya.

Inovasi
Tiap datangnya bulan suci Ramadhan, banyak aplikasi sejenis yg hadir dengan menunjukkan aneka macam fitur yg bermanfaat serta menarik pengguna Pada aplikasi Ramaserta 2015 ini tidak terdapat hal gres serta menyerupai dengan fitur yg ditawarkan aplikasi sejenis.

Salah satu hal yg menarik dalam memakai aplikasi Ramaserta ini yaitu tampilan sederhananya yg bisa bekerja dengan cepat serta gesit meski pada ponsel lawas. Apalagi dengan fungsinya yg bisa dipakai dalam kondisi offline membuatnya menarik untuk disokan pilihan. Saygnya tidak disertakan fitur kompas guna menunjuk arah kiblat sebagai panduan dalam menunaikan sholat. 

Artikel Terkait