Standard Afdx® Databus

Jaringan Data Avionik menurut komersial Switched Ethernet 10/100Mbit. AFDX® menggunakan Protokol Khusus untuk memperlihatkan Waktu Deterministik serta Manajemen Redunsertasi untuk menyediakan komunikasi yg AMAN serta data penting sanggup di-ANDAL-kan.

Protokol komunikasi AFDX® telah diturunkan dari Standar Komersial
(IEEE802.3 Ethernet MAC Addressing)


AFDX® (ARINC664) Komunikasi Data yg dipakai pada Airbus A380 / A350 / A400M, Boeing B787 Dreamliner, ARJ21 serta Super Jet 100. AFDX® & ARINC664 sesertag dipakai sebagai tulang punggung untuk semua sistem termasuk kontrol penerbangan, avionik kokpit, utilitas listrik, sistem materi bakar, landing gear serta lain-lain.

Internet Protocol IP, User Datagram UDP) diterapkan untuk mencapai sikap deterministik yg diharapkan untuk Aplikasi Avionik. Sistem Akhir (LRU) berkomunikasi menurut Links Virtual (VL ini) dengan Shaping Traffic dengan penggunaan Kesenjangan Alokasi Bandwidth (BAGs). Switches AFDX® menggabungkan fungsi untuk menyaring serta penetapan, switching (berdasarkan tabel konfigurasi), akhir-sistem serta monitoring jaringan.

Element Utama pada Jaringan AFDX®

AFDX End Systems
Menyediakan "Interface" antara yg Subsistem Avionics serta Interconnect AFDX® . Setiap antarmuka Avionics Subsistem menjamin kondusif serta terpercaya pertukana data dengan Avionics Subsistem lainnya.

AFDX Switches (Avionik Subsystem)
Tradisional Avionik Subsistem pesawat terbang, menyerupai Komputer Kontrol Penerbangan, Global Positioning Sistem, Sistem Pemantauan Tekanan Ban  dll. Sebuah Komputer Avionics Sistem menyediakan komputasi untuk Avionics Subsistem. Setiap Sistem Komputer Avionics berisikan Akhir Sistem yg menghubungkan Avionics Subsistem ke Interkoneksi AFDX® .

AFDX Links (AFDX Interconnect)
Full-Duplex, Switched Interkoneksi Ethernet. umumnya terdiri dari jaringan switch yg maju Ethernet Frame ke tujuan yg sempurna mereka. Beralih nya ke Ethernet Teknologi berawal dari ARINC-429 Uni-Directional, Point-to-Point serta MIL-STD-1553.

Jaringan AFDX®  beroperasi pada Full-Duplex 10 Mbits/ses atau 100 Mbit/sec. Adalah ARINC-664 Part 7. Menggunakan satu set kawat tembaga Twisted Pair atau kabel Fiber Optik untuk mengirimkan serta pasangan lain untuk mendapatkan data. Menggunakan Dual-Port dengan kedua port mengirimkan atau mendapatkan data yg sama. Meskipun didasarkan pada Ethernet, Protokol berbeda.


Mengapa AFDX® ?

Kecepatan Ethernet dengan ketentuan untuk menjamin Waktu Deterministik serta Redunsertasi yg diharapkan oleh Aplikasi Avionics. Media 100 Mbit/sec atau 10 Mbit/sec, 1 Gbit/sec, Komersial Ethernet (MAC, IP, UDP, SNMP) dengan ketentuan untuk sikap Deterministik, Menggunakan Media Tembaga atau Serat Optik.

Arsitektur Jaringan AFDX®
  -   2 Jenis Peralatan
Switch  -  Perangkat yg melaksanakan pengaturan kemudian lintas transmisi data 
                      serta penyaringan, serta meneruskan Paket data ke tujuan akhir-Systems.
End-System  -  Perangkat yg mengakses Aplikasi komponen jaringan untuk mengirim 
                      atau mendapatkan data dari jaringan.
  -   Interkoneksi
Full duplex, 100 Mbits/sec (Tidak ada Bus BackBone didedikasikan untuk 
komunikasi Inter-switch)
  -   Redunsertacy
Dicapai dengan Duplikasi Koneksi (kabel) & Switches

AFDX® Protokol komunikasi telah diturunkan dari standar komersial
-  Internet Protocol  (-IP-)
-  User Datagram Protocol  (-UDP-)
-  Ketentuan telah dipadukan untuk memastikan Perilaku Deterministic.
-  End-Systems - Melakukan traffic shaping yg diberlakukan oleh Switches
-  Switches - Melakukan pengaturan kemudian lintas serta Routing Statis Frame

Pertukaran Frames End-Systems tmelalui Virtual Links (VLs)
Virtual Link - Mendefinisikan Uni-Directional (logis) sambungan dari satu sumber End-System untuk komunikasi satu atau lebih tujuan End-Sistem "Uni-CaSt / Multi-Cast"
Jaringan AFDX® didifinisikan hingga 64k (216) VLs teridentifikasi pada 16-Bit Identifier MAC Destination Field of Ethernet Frame
-  End-Systems mendukung Multiple VLs
-  End-Systems melaksanakan Traffic Shaping and Integrity Checking setiap VL
-  Switch Melakukan pengaturan kemudian lintas setiap VL
-  Menggabungkan Traffic Shaping serta pengaturan nya, Memberikan dasar untuk sikap deterministik jaringan

Integrity Checking
Pemeriksaan Integritas dilakukan per VL serta per Jaringan
-  Pemeriksaan didasarkan pada Sequence Number (SN)
      disebut “Maximum Consecutive Frames Lost
-  Urutan Penomoran dilakukan untuk setiap Individual VL
-  Semua Frames tidak valid dibuang (mis dengan kesalahan fisik)

Redunsertacy Management
Port, Link serta Switches yg diduplikasi untuk Redunsertasi
-  Saklar tidak perlu tahu perihal redunsertasi (digandakan)
-  End-System perlu tahu perihal Redunsertasi (tidak digandakan!)

Frame secara bersamaan ditransmisikan melalui kedua jaringan (jika VL dikonfigurasi sesuai Selector Jaringan "A serta B", "A hanya" serta "B hanya" sanggup pun dikonfigurasi untuk VLS)
Pada penerimaan End-System, “First Valid Frame Wins” yg mengharuskan ketentuan algoritma ini.

[  AFDX ARINC-664 Tutorial - CONDOR Engineering
[  AFDX ARINC-664 Switch Testing - JS. AIM GmbH
[  Testing Aircraft AFDX® System - William D. Wargo and Joachim Schuler


Artikel Terkait