Standard Arinc-629 Databus

ARINC-629 Avionik Databus yg diperkenalkan pada Mei 1995 serta dikala ini dipakai pada Boeing-777, Airbus A-330 serta A-340.


ARINC-629 DataBus yg beroperasi sebagai Berbagai-Sumber, Beberapa sistem yg terlibat masing-masing terminal sanggup mengirimkan data ke, serta mendapatkan data dari setiap terminal lainnya yg ada pada DataBus. Ini memungkinkan lebih banyak kebebasan dalam pertukaran data antara unit dalam Sistem AVIONIK

Topologi DataBus jauh lebih Fleksibel dalam bahwa unit pelengkap sanggup cukup gampang diterima secara Fisik pada DataBus.

Fitur yg menarik dari ARINC 629 ialah kemampuan untuk menampung sampai total 128 terminal pada DataBus.Meskipun dalam Implementasi akan tingginya kemudian lintas di DataBus, akan tetapi disokong data rate sebesar 2 Mbps.

Protokol yg dipakai oleh ARINC 629 ialah Time-Based, konsep untuk menghindari gesekan di mana setiap terminal dialokasikan slot waktu tertentu untuk mengakses ke DataBus serta mengirimkan data ke DataBus.

Setiap terminal berdikari akan menetapkan kapan Slot Waktu yg tepat, Tersedia nya Slot waktu melalui penggunaan beberapa Timer Kontrol tertanam dalam antarmuka bus serta mengirimkan data yg diperlukan.

ARINC-629 memakai 20 bit Format Word Data yg menyerupai dengan MILSTD-1553B.



ARINC-629 DataBus dikenal sebagai Digital Autonomous Terminal Access Communication, dikembangkan bersama oleh Boeing serta NASA untuk mengatasi keterbatasan yg dialami oleh ARINC-429, serta kemudian diserahkan kepada ARINC. Meskipun lebih Modern daripada standar sebelumnya, tidak pernah melihat penggunaan yg lebih luas di industri.

Secara pribadi dipakai dalam Boeing 777 serta bahkan pesawat ini terdapat pelengkap Infrastruktur 429 casertagan. Penyebaran tata letak Tripleks-Bus, menyerupai dengan yg ditetapkan oleh 10BASE2 / 10BASE5.

Mengimplementasikan CSMA/CD menyerupai yg dipakai dalam Ethernet, dengan demikian, gesekan sanggup terso di bus. Standar orisinil didefinisikan jam-berkecepatan 2 MHz, yg sanggup diangkat sebagai kemajuan teknologi, serta bus yg dibangun di atas kabel twisted pair dari awal. Seperti ARINC-429 memakai 32 bit

SPESIFIKASI

Bus Architecture Time Division Multiplex
Ports  1st standard, 2nd optional
Wires  Unshielded Twisted Pair
Transmission mode
& coupling                 Current Coupling
Encoding                     Bipolar, Doublets Manchester
Data                             2 Mbps
Bus frequency            2 MHz
Words Selectable        620 Words per Word String,  32 Word Strings
Word Update              1 ms to 10 sec, Update Rate Displayed Instantaneous, Min or Max value
Divination of Areas    Four areas:
                                    Periodic Traffic,
                                    Urgent Aperiodic Traffic,
                                    Non Urgent Aperiodic Traffic (BackLog, New)
Max. Terminal            128

Bit wise Comparison
Data Bit Bits              (4-19) Carrying Data
Bits 1 to 8                  First three bits are related to word time synchronization.
Parity Bit                    Bit no. 20 is parity bit



[  ARINC-629 Data Bus Standard on Aircrafts
[  Modelling and Analysis of THE ARINC-629
[  Timing Analysis of The ARINC-629 DataBus


Artikel Terkait