Teknologi Jaringan Komputer

Tags

Jaringan Telekomunikasi - Yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer - Agar sanggup mencapai tujuannya, setiap bab dari jaringan komputer sanggup meminta serta mengatakan layanan (Service).

Pihak yg meminta/menerima layanan disebut klien serta yg memberikan/mengirim layanan disebut Peladen.

Desain ini disebut Sistem Client-Server, serta dipakai pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

[ Local Area Network  
Teknologi nya yg berkembang terus dari tahun ke tahun.


ETHERNET - Teknologi LAN. Banyak dipakai serta diciptakan oleh Bob Metcalfe serta D.R. Boggs pada tahun 1970. Hal itu dibakukan dalam IEEE 802.3 pada tahun 1980.

Ethernet Media - Jaringan yg menggunakan media bersama mempunyai kemungkinan tinggi saling ukiran data. Ethernet menggunakan Carrier Sense Multi Access/Collision Detection (-CSMA/CD-) Teknologi untuk mendeteksi Tabrakan.

Ethernet - Menggunakan Kartu Antarmuka Jaringan disokong dengan 48-bit alamat MAC. Ini membantu perangkat Ethernet untuk sanggup mengidentifikasi serta berkomunikasi dalam jarak jauh.

Menggunakan Topologi-Star dengan panjang segmen hingga 100 meter. Semua perangkat yg terhubung ke HUB/Switch dalam Modus Bintang.

Ethernet Tradisional - Menggunakan Spesifikasi 10BASE-T Specifications.Angka 10 memperlihatkan berkecepatan 10Mbps. BASE kependekan Baseband, serta T kependekan Tebal Ethernet. 10BASE-T Ethernet menyediakan transmisi berkecepatan hingga 10Mbps serta menggunakan kabel Koaksial atau kabel Cat-5 Twisted-Pair dengan RJ-45 Konektor.


Fast Ethernet - Merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yg memperlihatkan berkecepatan yg lebih tinggi ketimbang dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yg dibanderolnya mencapai 100 Megabit per detik.

Menggunakan teknik CSMA/CD untuk menyebarkan Data melalui media kabel ke HOST Ethernet serta teknik CSMA/CA (-Collision Avoisertace-) untuk Wireless Ethernet LAN.

Standar ini dinamakan 100BASE-T di IEEE 803,2 menggunakan Cat-5 kabel Twisted Pair serta sanggup menggunakan UTP atau Fiber Optik.

Fast Ethernet Serat - Didefinisikan di bawah Standar 100BASE-FX yg menyediakan berkecepatan hingga 100 Mbps pada Serat Optik. Ethernet dengan Serat sanggup diperpanjang hingga 100 meter dalam modus Half-Duplex serta mencapai maksimum 2000 meter di Full-Duplex

[ Fast Ethernet and Gigabit Ethernet



Setelah diperkenalkan pada tahun 1995, Fast-Ethernet hanya bisa menikmati status Kecepatan Tinggi selama 3 tahun hingga Giga-Ethernet diperkenalkan.

Giga-Ethernet menyediakan berkecepatan hingga 1000 Mbits/detik. IEEE802.3ab Standarisasi Giga-Ethernet menggunakan media kabel UTP, Cat-5, Cat-5e serta Cat-6. pun Fiber Optik.

IEEE 802.3ab - Meratifikasi pada tahun 1999, mendefinisikan Transmisi Gigabit Ethernet pada Unshielded Twisted Pair (UTP) Kategori 5, 5e, atau 6 serta kemudian dikenal sebagai 1000BASE-T.


Virtual LAN (-VLAN-) - Merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yg dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga sanggup berkomunikasi menyerupai halnya kalau perangkat tersebut terhubung ke jalur yg sama,

LAN menggunakan Ethernet yg pada giliranya bekerja pada media bersama. Di Ethernet membagi satu Domain Broadcast serta satu Domain Collision.

Dengan pengenalan SWITCH satu Domain telah dihapus. Tinggal masalah Domain Collision serta setiap perangkat yg terhubung untuk beralih karya ke Domain Collision terpisah. Tetapi Switch tidak bisa membagi jaringan menso Domain Broadcast terpisah.

Virtual LAN - Solusi untuk membagi Domain Broadcast tunggal menso beberapa domain Broadcast. dalam satu VLAN.  Ini tidak sanggup berbicara ke host lain, Secara standar, Semua HOST ditempatkan ke dalam VLAN yg sama.

[ Fundamentals in Networking 


LocalTalk - Implementasi khusus dari Lapisan Fisik dari Sistem jaringan AppleTalk dari Apple Computer. LocalTalk memilih sistem pair terlindung kabel Bengkok, dicolokkan ke transceiver diri mengakhiri, berjalan pada tingkat 230,4 kbit / s. CSMA/CA dilaksanakan sebagai Metode Akses Multiple Random.

Jaringan yg ditrapkan pada Macintosh, sehingga Mac membeli mahal akan kemampuan RS-422 Port Serial. Port dibentuk oleh Zilog SCC, bisa berfungsi baik sebagai UART Standar atau menangani protokol HDLC yg jauh lebih rumit.

Yang merupakan protokol berorientasi paket yg dimasukkan menangani, bit-isian, serta paket CheckSumming di hardware. Digabungkan bahu-membahu dengan sambungan RS422, ini  sambungan data berkecepatan tinggi.


LAN Nirkabel (-Wireless LAN-) - Suatu jaringan yg menggunakan Gelombang Radio sebagai Media Tranmisinya.

Untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area sanggup berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus.

Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik saluran jaringan menyambungkan pengguna Nirkabel ke Jaringan Berkabel.

LAN Nirkabel - Jaringan yg menggunakan Frekuensi Radio untuk komunikasi antara perangkat komputer serta simpulan titik saluran yg merupakan dasar dari Transiver Radio dua arah yg tipikalnya bekerja di Bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a).

Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau fasilitas IEEE 802.11g serta memperlihatkan beberapa level keamanan menyerupai WEP serta atau WPA.


Awalnya IBM menciptakan Token Ring sebagai pengganti teknologi Ethernet (IEEE 802.3) yg merupakan teknologi jaringan LAN paling populer.

Cara saluran jaringan berbasis teknologi gelang (Ring) yg pada awalnya dikembangkan serta diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.

IBM membeli hak cipta dari gelang belahan serta menggunakan saluran gelang belahan dalam unit IBM pada tahun 1984.

Elemen kunci dari desain gelang belahan ini yakni penggunaan penyambung buatan IBM sendiri (Proprietary), dengan menggunakan kabel pasangan berpilin (-Twisted Pair-) serta menempatkan HUB aktif yg berada di dalam sebuah jaringan komputer.


Standar Transmisi Data dalam Jaringan Area Lokal. Menggunakan Serat Optik sebagai Media Fisik yg mendasari Standar, Kemudian ditentukan menggunakan Kabel Tembaga,

Standar TP-PMD (-Twisted-Pair Physical Medium-Dependent-), Disebut pun sebagai TP-DDI (-Twisted-Pair Distributed Data Interface-).


[ FDDI (-Fiber Distributed Data Interface-)







Menurut Forum ATM, "Sebuah konsep Telekomunikasi didefinisikan oleh ANSI serta ITU (sebelumnya CCITT). Standar untuk pengangkutan yg lengkap kemudian lintas pengguna, termasuk Suara, Data, serta Sinyal Video".

ATM dikembangkan untuk memenuhi keperluan Broadband Integrated Services Digital Network, sebagaimana didefinisikan dalam simpulan 1980-an, serta didesain untuk menyatukan Telekomunikasi serta Jaringan Komputer. Dirancang untuk jaringan yg harus menangani kemudian lintas High-Throughput Tradisional Data (Transfer File) serta Konten Real-Time, Low-Latency menyerupai Suara serta Video.

Model Referensi - ATM sekitar peta ke tiga lapisan terendah dari model ISO-OSI
Lapisan Jaringan, Lapisan Data Link, serta Lpisan Fisik.

ATM - Protokol Inti yg dipakai pada SONET/SDH merupakan Tulang Punggung. Masyarakat beralih dari Jaringan Telepon (PSTN) ke Integrated Services Digital Network (ISDN)

[ Asynchronous Transfer Mode



Artikel Terkait