Media Access Control - Mac

Tags

Memberikan Identifikasi serta Kontrol Akses Unik untuk komputer pada Internet Protocol (IP) jaringan. Dalam jaringan Nirkabel, MAC ialah Protokol Kontrol Radio pada adaptor Jaringan Nirkabel. Media Access Control bekerja di Sub-Layer dari Layer Data Link (Media Layer) dari model OSI.


























MAC Addresses

Media Access Control memperlihatkan NOMOR UNIK untuk setiap Adapter Jaringan IP disebut Alamat MAC.  48 bit panjang. ditulis sebagai urutan 12 digit heksadesimal sebagai berikut.


Alamat MAC unik yg ditetapkan oleh Produsen Adapter Jaringan serta kasertag-kasertag disebut Alamat FISIK. Enam digit heksadesimal pertama alamat sesuai dengan Identifier unik vendor, sementara enam digit terakhir sesuai dengan nomor seri perangkat.

Jaringan IP mempertahankan pemetaan antara IP serta MAC alamat node memakai Tabel Address Resolution Protocol (-ARP-). Dynamic Host Configuration Protocol  (-DHCP-) pun memakai Alamat MAC ketika memutuskan alamat IP ke NODE.


Beberapa penyedia layanan Internet melacak alamat MAC dari router rumah untuk tujuan keamanan. Banyak router mendukung proses yg disebut kloning yg memungkinkan alamat MAC untuk disimulasikan sehingga cocok satu penyedia layanan mengharapkan.

MAC Bekerja di Sub-Layer dari Layer Data Link (Media Link Layer 2) dari Model OSI.
Metode Media Access Control

CARRIER SENSE MULTIPLE ACCESS with Collision Detection  (-CSMA/CD-)
          Metode ini dipakai di dalam jaringan Ethernet Half-Duplex (Jaringan Ethernet Full-Duplex memakai Switched Media ketimbang memakai Shared Media sehingga tidak membutuhkan metode ini). CSMA/CD Metode didefinisikan dalam Spesifikasi IEEE 802.3.

CARRIER SENSE MULTIPLE ACCESS with Collision Avoisertace  (-CSMA/CA-)
          Metode ini dipakai di dalam jaringan dengan teknologi AppleTalk serta beberapa bentuk Jaringan Nirkabel (Wireless Network), Seperti halnya IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, serta IEEE 802.11g. CSMA/CA didefinisikan dalam Spesifikasi IEEE 802.3, Sementara untuk Jaringan Nirkabel didefinisikan dalam IEEE 802.11.

TOKEN PASSING
          Metode ini dipakai di dalam Jaringan dengan Teknologi Token Ring serta Fiber Distributed Data Interface (FDDI). Standar Token Ring didefinisikan dalam Spesifikasi IEEE 802.5, Sementara FDDI didefinisikan oleh American National Standards Institute (ANSI).

DEMAN PRIORITY
          Metode ini digunakan di dalam Jaringan dengan Teknologi 100VG-AnyLAN serta didefinisikan dalam Spesifikasi IEEE 802.12.


Artikel Terkait