Pertukaran Isu Dengan Digital Databus

Saluran Pertukaran Informasi (-Data Bus-DB-)
 - Set alat yg menyediakan Interaksi Komponen AVIONK, Subsistem, Blok, Modul satu sama lain serta dengan peralatan lainnya.
Pengertian umum Data Bus
 - Seperangkat Prinsip Logis serta Fisik dari Interaksi Komponen Sistem atau Seperangkat Aturan, Algoritma, Sinkronisasi waktu untuk pertukaran data antara komponen.

Jenis Data Bus

Berbeda Karakteristik an Prinsip Pertukaran Informasi
  -  Channels Data Bus yg dipakai pada Tingkat Struktural yg berbeda
  -  Di dalam Unit untuk menghubungkan Fungsional komputasi Perangkat serta Modul
  -  Di dalam Sistem untuk Pertukaran Informasi antar Unit (LRU, LRM)
  -  Untuk Terhubung ke sistem Sensor yg berbeda (Analog serta Digital)
  -  Untuk Bertukar Informasi antara Sistem yg berbeda.
Pada masing-masing tingkat dipakai berbeda Data Bus,
Dioptimalkan untuk melaksanakan Fungsi Spesifik pada tingkat tersebut.


Untuk membuatkan serta membangun LRU atau pabrikan LRM sanggup memakai DB Standar. Berbagai komponen yg modern elektronik mendukung Standar DB yg berbeda, tetapi secara umum, pilihan DB tergantung pada Mikrokontroler yg dipilih.

Pada tingkat yg lebih tinggi untuk pertukaran warta antara sistem yg berbeda serta satuan yg dipakai didesain khusus DB Standar. Harus memenuhi persyaratan ibarat :
  -  Mendukung pertukaran Iinformasi secara Real-Time
  -  Memastikan kekebalan kebisingan yg tinggi.
  -  Tahan terhadap Kegagalan (Melanggar, Penguncian,
      Modul menempel pengabaian seharusnya tidak menyebabkan kegagalan lengkap)
  -  Menunda pengiriman warta harus deterministik serta agak kecil
  -  Memastikan operasi dalam hal aneka macam dampak lingkungan
  -  Mengontrol keadaan DB
  -  Memberikan fleksibilitas (Modul perubahan tidak menyebabkan perubahan Signifikan
      dalam blok lain dari sistem)
  -  Memenuhi persyaratan dari IMA.



Dari awal dari Sistem Avionik setiap ditempatkan di kawasan khusus. Informasi dari satu sistem ke sistem lain dikirim melalui saluran data analog. Untuk itu dibutuhkan sejumlah besar koneksi kabel antara blok. Selain itu, analog DB mempunyai kekebalan kebisingan sangat rendah. Dari perkembangan teknologi nya sanggup terlihat



Untuk mengatasi duduk perkara ini, Tahun 1974 Militer AS membuatkan pertama Saluran Data Digital (-Digital Data Bus - DDB-) MIL-STD-1553 serta diperkenalkan untuk pertukaran antar sistem.

Kemudian muncul Standar ARINC-429 untuk dipakai dalam Penerbangan Sipil, Yang masih dipakai oleh Produsen AVIONIK. Namun, penggunaan saluran digital untuk pertukaran data antara sistem yg terpisah tidak meningkatkan Fungsionalitas serta Fleksibilitas dari sistem.

Perkembangan Avionik membutuhkan Standar DB yg baru. Militer dimodernisasi MIL-STD-1553B serta menurut Stang 3910. Dalam Penerbangan Sipil dipilih arah yg berbeda secara Fundamental serta membuat Standar gres ARINC-629.


Peningkatan jumlah Avionik serta meningkatnya kapasitas peralatan komputer yg dibutuhkan Integrasi sangat erat dari sistem yg berbeda serta unit avionik pada tingkat yg berbeda dari Fungsi komputasi.

Ini yaitu alasan pembangunan serta penggunaan IMA. Persyaratan kapasitas Digital Data Bus terus terus meningkat. Terso, alasannya Sistem Avionik menerima kiprah gres yg dibutuhkan dari transmisi fatwa data yg besar secara Real-Time. Akibatnya, mulai muncul supercepat Digital Data Bus (STANAG 7076, Saluran Fiber, AFDX).

Pertukaran Informasi DIGITAL.
  -  Satu Sumber - Satu Perima.
     Paling gampang Digital Data Bus, yg yg mentransfer data dari satu peralatan yg lain.
  -  Satu Sumber - Banyak Penerima.
     Teknologi warta transfer dari satu blok ke sejumlah lainnya (ARINC 429).
  -  Banyak Pemancar - Banyak Penerima.
     Digital Data Bus mempunyai sedikit atau lebih pemancar yg sanggup mengirimkan Informasi kepada
     sejumlah akseptor (MIL-STD-1553B, ARINC 629).

Standar Dasar Pertukaran Informasi DIGITAL

1.  Dikembangkan oleh (-The Association of Designers Moving Vehicles -SAE-)
   - AIR 1189 - Kecepatan menengah Pembagian Waktu Digital Data Bus (Sistem Multipleks)
   - AIR 4013A - Multiplexing Digital Data Bus (MIL-STD-1760 Series)
   - ARP 4258 - Digital Data Bus Antarmuka Kecepatan Rendah, Sinyal Diskrit
   - AS 15 531 - Pembagian waktu Digital Multiplexing Digital Data Bus
         (Permintaan/Tanggapan)
   - AS 4.074,1 - Digital Data Bus Multiplexing dengan jalan masuk langsung
   - AS 4075 - Ultra-Cincin cepat Digital Data Bus
   - AS 4710 - Antarmuka Paralel Digital Data Bus (Pi-Bus)
   - AS 5370 - Duplex Multi-Serat Optik Digital Data Bus
   - AS 5643 IEEE-1394b - DB Digital untuk Militer serta Produk Kedirgantaraan.

2.  Dikembangkan oleh (-ARINC-)
   - ARINC 429 - Digital Data Bus untuk mempertahankan
         Jenis sambungan "Pont-to-Point" dua kawat, bipolar;
   - ARINC 573 - Sistem registrasi Digital Data Bus Informasi penerbangan
   - ARINC 629 - Data Digital Data Bus bersamaan dari beberapa pemancar
   - ARINC 659 - Digital Data Bus untuk IMA
   - ARINC 664 - Deskripsi AFDX
   - ARINC 708 - Digital Data Bus untuk mengirimkan Informasi Grafis
         dari papan ke meteo sistem tampilan Radar
   - ARINC 818 - Digital Data Bus untuk mengirimkan Video Terkompresi,
         Audio serta Informasi Teks.

3.  Dikembangkan oleh (-IEEE-)
   - IEEE-std-1.149,5 - DB Digital untuk peralatan pengujian
   - IEEE-std-1393 - Digital Serat Optik DB untuk pesawat Ruang Angkasa
   - IEEE 1355,2 - DB Digital dengan Transmisi Rendah.

Salah satu yg paling Perspektif Standar Digital DB sederhana untuk meyesuaikan jaringan Ethernet, disesuaikan untuk dipakai pada Komputer
  (-Avionics Full Duplex Switched Ethernet - AFDX-) 
Yang menyediakan Transfer Data Berberkecepatan Tinggi.


[   Avionics Standard Communications Bus
[  Avionic DataBus Solution
[  The Avionics Databus
[  Commercial Standard Digital Bus
[  Harmonic Analysis of Digital Data Bases
[  Multiscale bi-Harmonic Analysis of Digital Data Bases



Artikel Terkait