Media Transmisi Wireless

Tags

MEDIA TRANSMISI - Cara melalui mana kita mengirim data kami dari satu daerah ke daerah lain. Lapisan pertama (lLpisan Fisik) Komunikasi Jaringan Model OSI Tujuh Lapisan didedikasikan untuk Media Transmisi.

Media Transmisi  WIRELESS
(-UNBOUNDED or UNGUIDED-)

Tidak memakai Konektor Fisik antara dua perangkat berkomunikasi. Media Transmisi yg mengirimkan data melalui udara (Atmosfer), yg tersedia untuk siapa saja yg mempunyai perangkat yg bisa mendapatkan mereka. Tetapi kasertag sanggup menso sempurna di seberang dari aturan.



Tiga jenis Media NIRKABEL
  —  RADIOWAVE
  —  MICROWAVE
  —  INFRARED

Memiliki Frekuensi Antara 10K Hz hingga 1 GHz.
Radio Transmisi memakai banyak sekali jenis penjalaran,
  *  TROPOSPERE - Bagian terendah dari Atmosfer bumi membentang luar sekitar 30 mil dari permukaan bumi. Awan, pesawat jet, angin ditemukan di sini.
  *  IONOSFER - Lapisan Atmosfer di atas Troposfer, tetapi di bawah ruang. Mengandung partikel bermuatan listrik.

Tiga Jenis Gelombang Radio
 —  SHORTWAVE
 —  VHF (-Very High Frequency-)
 —  UHF (-Ultra High Frequency-)

 —  SHORTWAVE
Menggunakan Frekuensi Gelombang Pendek, umumnya 1,6-30 MHz (187,4-10,0 m), sempurna di atas gelombang menengah AM grup band siaran. Ada banyak sekali jenis ANTENA yg digunakan untuk Gelombang Radio.

Terdapat 2 Kategori.
1- LOW POWER, SINGLE FREQUENCY
2- HIGH POWER, SINGLE FREQUENCY

1- LOW POWER, SINGLE FREQUENCY
Seperti namanya mengatakan sistem ini mengirimkan dari satu frekuensi serta mempunyai keluar daya rendah. Rentang operasi normal pada perangkat ini 20 hingga 25 meteran.

2- HIGH POWER, SINGLE FREQUENCY
Hal ini ibarat dengan daya rendah frekuensi tunggal.
Perangkat ini sanggup berkomunikasi melalui jarak yg lebih besar.

 —  VHF (-Very High Frequency-)
Frekuensi Radio yg berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. Frekuensi pribadi di bawah VHF ditandai frekuensi tinggi (HF), serta Frekuensi yg lebih tinggi berikutnya dikenal sebagai Frekuensi Ultra Tinggi (UHF). Alokasi Frekuensi ditetapkan oleh ITU Radiocommunication

 —  UHF (-Ultra High Frequency-)
Merupakan gelombang Elektromagnetik dengan Frekuensi antara 300 MHz hingga dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu hingga 10 desimeter atau sekitar 10 cm hingga 1 meter.


Gelombang Mikro perjalanan pada Frekuensi Tinggi daripada Gelombang Rradio serta dimasukkan sebagai media jaringan Nirkabel. Transmisi Microwave membutuhkan Pengirim berada di dalam Penerima. Beroperasi dalam sistem dengan banyak sekali Gigahertz Rendah.
Sebagian besar digunakan untuk komunikasi UNICAST.

UNICAST - Koneksi Point-to-Point antara Klien serta Server. Unicast memakai metode pengiriman IP ibarat Protokol Kontrol Transmisi (TCP) serta User Datagram Protocol (UDP), Protokol berbasis Sesi.

Jenis MICROWAVE
—  TERRESTRIAL Microwave
—  SATELITE Microwave

—  TERRESTRIAL Microwave
Gelombang Micro Terestrial  digunakan digunakan untuk mengirimkan sinyal Nirkabel di beberapa mil. Sistem Terestrial mengharuskan Antena Parabola pribadi sanggup menunjuk satu sama lain. Sistem ini beroperasi dalam banyak sekali Giga Hertz Rendah.

Dua jenis ANTENA yg digunakan.
1. PARABOLIC DISH Antenna
Dalam setiap baris sejajar dengan garis simetri mencerminkan off kurva di sudut dengan cara yg mereka berpotongan pada satu titik yg sama disebut fokus. Antena ini didasarkan pada Geometri Parabola.

2. HORN Antenna
Seperti Sendok Raksasa. Transmisi keluar dipancarkan ke batang serta dibelokkan luar dalam serangkaian balok paralel sempit oleh kepala melengkung.

—  SATELITE Microwave
Masalah utama dengan komunikasi gelombang aero ialah kelengkungan bumi, gunung & struktur lain sering memblokir garis samping. Karena alasan ini, banyak pengulangan yg diharapkan untuk jarak jauh yg meningkatkan biaya transmisi data antara dua titik. Masalah ini dianjurkan dengan memakai SATELIT.

Dalam komunikasi satelit mikro sinyal gelombang pada 6 GHz ditularkan dari pemancar di bumi melalui posisi satelit di ruang angkasa. Oleh sinyal ketika mencapai satelit menso lemah akhir 50.000 Km jarak. satelit memperkuat sinyal ahad serta mengirimkan kembali ke bumi pada Frekuensi kurang dari 6 GHz.


Energi Radiasi yg tak terlihat, Radiasi Elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang daripada Cahaya Tampak, membentang dari tepi merah nominal dari spektrum yg terlihat pada 700 nanometer (-Frekuensi 430 THz-) ke 1000000 nm (300 GHz).

Sebagian besar Radiasi Termal yg dipancarkan oleh benda-benda di bersahabat suhu kamar serta sanggup dipengaruhi oleh benda menghalangi Pengirim atau Penerima.

Terbagi dalam dua Kategori.
—  Point to point
—  Broadcast

—  Point-to-Point
Sinyal transmisi inframerah pribadi antara dua sistem. Banyak putaran atas sistem penggunaan titik ke titik transmisi. Sistem ini memerlukan penyelarasan pribadi antara banyak perangkat.

—  Broadcast
Penggunaan transmisi sinyal yg disemprotkan , salah satu pemain yg luas ke segala arah bukannya balok langsung. Bantuan ini untuk mengurangi dilema keselarasan serta abstraksi. Hal ini pun memungkinkan beberapa Penerima Sinyal.


Perangkat yg melaksanakan Fungsi Router serta pun termasuk Fungsi Titik Akses Nirkabel. Digunakan untuk menyediakan kanal ke Internet atau Jaringan Komputer Pribadi. Dapat berfungsi dalam LAN kabel (Local Area Network), dalam Wireless LAN (WLAN), atau dalam  Jaringan Campuran Kabel/Nirkabel,

Satu/beberapa NIC Didukung Fast Ethernet atau Gigabit Ethernet Terintegrasi. Satu/beberapa WNICs mendukung bab dari Standar IEEE 802.11.

Router Nirkabel Dual-Band mengoperasikan 2,4 GHz serta 5 GHz grup band secara bersamaan.

Router Nirkabel High End ual-Band mempunyai Kecepatan Transfer Data paling 300 Mbit/s (Untuk Band 2,4 GHz) serta 450 Mbit/s (Untuk Band 5 GHz).

Ruter Nirkabel mempunyai 1 atau 2 USB Port.
1 port USB, ditujukan untuk  Printer / Desktop / Mobile / Eksternal Hard Disk Drive.
2 port USB, satu ditujukan untuk Printer serta peralatan yg lainnya


Spesifikasi industri untuk Jaringan Kawasan Pribadi (-Personal Area Networks - PAN-) tanpa Kabel. BLUETOOTH menghubungkan serta sanggup digunakan untuk melaksanakan tukar-menukar Informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan serta dipengirimankan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.

BLUETOOTH beroperasi dalam pita Frekuensi 2,4 GHz dengan memakai sebuah Frequency Hopping Traceiver yg bisa menyediakan layanan Komunikasi Data serta Suara secara Real-Time antara Host-To-Host Bluetooth dengan jarak terbatas.

Kelemahan teknologi ini ialah jangkauannya yg pendek serta kemampuan Transfer Data yg Rendah.


[ Satellite Microwave
[ Radio wave system
[ Chapter-4 Transmission Media
[ Data Communication Fundamentals
[ Transmission Media
[ Unbounded Transmission Media
[ Transmission Media
[ Wireless Communication


Artikel Terkait