Efek Negatif Main Hp Di Daerah Gelap

Cukup banyak orang yang terbiasa memainkan ponselnya sebelum tidur meskipun lampu kamar sudah dimatikan. Memang, cahaya dari layar ponsel yang cukup terang bisa menciptakan kita bisa melihat banyak sekali goresan pena atau gambar pada ponsel dengan jelas, namun, berdasarkan pakar kesehatan, kebiasaan memainkan ponsel di daerah gelap ternyata bisa menimbulkan banyak sekali problem kesehatan ini.



1. Menyebabkan kerusakan retina mata

Layar ponsel bisa memancarkan sinar biru yang termasuk dalam high-energy visible light. Gelombang sinar ini cenderung pendek namun mempunyai tingkat energi yang sangat kuat.

Paparan sinar biru ini ternyata bisa menembus hingga belahan dalam mata sehingga jikalau kita kerap memainkan ponsel di daerah gelap, dikhawatirkan bisa menimbulkan kerusakan retina mata dalam jangka panjang.

2. Gangguan tidur

Jika kita cermati, rasa kantuk kita cenderung hilang ketika kita asyik memainkan ponsel sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar biru ponsel yang bisa menurunkan kadar hormon melatonin dengan drastis. Padahal, hormon inilah yang bisa menciptakan kita mengantuk dan mengendalikan siklus tidur dan berdiri tidur.


Dengan memainkan ponsel di daerah gelap, khususnya sebelum tidur, kita akan mengalami gangguan tidur dan jadinya tidak bisa mendapat waktu tidur yang berkualitas. Kondisi ini bisa berimbas pada badan yang gampang lesu, mengantuk, hingga menimbulkan datangnya penyakit lantaran menurunnya sistem kekebalan tubuh.

3. Berbahaya bagi kesehatan otak

Kurang tidur akhir kerap memakai ponsel sebelum tidur ternyata bisa memicu penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan signifikan.

4. Menyebabkan depresi

Kerap terpapar sinar biru ternyata bisa menciptakan kita lebih rentan terkena depresi.



references by rakyatku
photos by netdoctor

Artikel Terkait