Prinsip Umum Mikroelektronik Avionics

Konstruksi peralatan serta AVIONIK MODERN yg sistem terkait akrab dengan penggunaan sinyal dalam bentuk DIGITAL



Meluasnya penggunaan TEKNIK DIGITAL untuk membangun sebuah pesawat alasannya yaitu banyak kegunaan ketimbang TEKNIK ANALOG.
  -  Penggunaan Komputer Digital.
  -  Meningkatkan Kekebalan Kebisingan.
  -  Peningkatan Bandwidth Data informasi
  -  Mengurangi Dimensi avionik serta jumlah koneksi kabel.

ANALOG & DIGITAL TEKNOLOGI

Setiap sistim AVIONIC nya berafiliasi dengan Digital serta mekanikal sistem kontrol ibarat konversi Data di bawah ini.

Analog Sensor
Sebuah sensor yaitu perangkat yg bisa mengkonversi Kuantitas Fisik yg akan diukur menso Sinyal

Yang sanggup dibaca, ditampilkan, disimpan atau dipakai untuk mengontrol beberapa kuantitas lainnya.

Sinyal ini dihasilkan oleh SENSOR setara dengan kuantitas yg akan diukur. Sensor yg dipakai untuk mengukur karakteristik tertentu dari setiap objek atau perangkat.

Analog to Digital Converter
Dapat menawarkan pengukuran yg terisolasi ibarat perangkat elektronik yg mengubah Tegangan masukan ANALOG atau Saat ke angka digital sebanding dengan besarnya Tegangan atau Arus. Biasanya keluaran DIGITAL akan menso angka BINER KOMPLEMEN DUA yg sebanding dengan masukan nya, tetapi ada kemungkinan lain.


PROCESSOR
Sebuah SIRKUIT ELEKTRONIK yg melaksanakan operasi pada beberapa sumber data eksternal, biasanya memori atau beberapa ajaran data lainnya. Istilah ini sering dipakai untuk merujuk pada unit pengolahan dalam suatu sistem, tetapi sistem komputer khusus menggabungkan sejumlah "PROSESOR" untuk mempercepat pengolahan data nya.

Digital to Analog Converter
Perangkat Elektronika yg sanggup mengubah Sinyal DIGITAL (Biasanya dalam notasi BINER) ke bentuk Sinyal ANALOG (baik sebagai arus, tegangan, maupun muatan listrik). Alat pengubah digital-ke-analog ini sering dikenal sebagai DAC (Digital to Analog Converter) yg banyak dijumpai pada rangkaian Elektronika serta Instrumentasi.


Mechanical Control
Sistem MEKANIK terdiri dari Sumber Daya serta AKTUATOR yg menghasilkan Kekuatan serta Gerakan.  Yang membentuk masukan Aktuator untuk mencapai aplikasi tertentu dengan Kekuatan serta Gerakan. Sistem kontrol merupakn perangkat, yg mengelola, mengarahkan atau meyesuaikan sikap perangkat atau sistem.

Electronics Flight Instrument System - EFIS

EFIS mendapat Informasi dari salah satu sistem di pesawat ke bentuk Intelektual Sederhana serta Visual. Selama penerbangan tampilan informasi EFIS otomatis berubah tergantung pada fase penerbangan. Selain itu sanggup dipilih pada seleksi tertentu untuk mendapakan informasi lain nya.

Pertukaran informasi antara blok serta sistem avionik yg tersedia melalui susukan pertukaran Informasi (Data Digital Bus - DDB). Standar pertama untuk susukan digital pertukaran Informasi DIGITAL muncul pada tahun 1974. (MIL-STD-1553), yg dikembangkan secara khusus untuk dipakai dalam pembangunan pesawat MILITER.



Perusahaan pembuatan pesawat terbang Boeing serta Airbus untuk membangun pesawat penerbangan sipil mulai memberlakukan DDB (ARINC 429) untuk pertukaran informasi antara blok avionik. Bahkan kini ARINC 429 merupakan bab Integral dari SISTIM AVIONIK MODERN.

Untuk organisasi sistem avionik kompleks dipakai aktivitas serta pengolahan kontrol, membentuk sebuah sistem operasi yg, di satu sisi, memainkan tugas interaksi antarmuka antara perangkat serta aplikasi sistem komputer, serta di sisi lain - diharapkan untuk mengontrol serta perangkat komputasi, sumber daya komputasi pengiriman yg efisien antara proses komputasi serta organisasi perhitungan yg tepat.

SOFTWARE memainkan tugas utama dalam desain serta pengembangan Sistem. Komponen Elektronik Modern yg dipakai untuk pembuatan blok memerlukan penggunaan aktivitas komputer khusus untuk operasi yg benar.



[  MGL Avionics EFIS Architecture
[  EFIS – Electronic Flight Instrument System
[  Integrated Display Units
[  Simulation of EFIS of Boeing 787 Aircraft

Artikel Terkait