Video Friday - Semua Perihal Robot

ROBOT - Seperangkat alat mekanik yg sanggup melaksanakan Tugas Fisik, baik dengan pengawasan serta kontrol manusia, ataupun memakai kegiatan yg telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).

ROBOT berawal bahasa Cheko “ROBOTA” yg berarti pekerja atau kuli yg tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya dipakai untuk kiprah yg berat, berbahaya, pekerjaan yg berulang serta kotor.
|
|||
|||||
[ LMR ]
Tidak tahu mengapa video ini dari Yellow Drum Machine muncul di umpan YouTube saya lagi, tapi itu salah satu robot favorit saya sepanjang masa.

Yellow Drum Machine


|
|||
|||||
[ Thecorpora ]
Berikut ialah semua hal yg berbeda yg sanggup dilakukan Qbo.

Qbo Robot

|
|||
|||||
[ Dorabot ]
Dorabot ialah sebuah perusahaan Rbotika Cina yg membangun manipulator mobile untuk logistik serta gusertag. Mereka punya demo yg melibatkan Robot Otonom mengambil barang dari rak, Yang selalu menyenangkan untuk dilihat.

Dorabot Inc Mobile Manipulator Pilot 2016


|
|||
|||||

Teknologi Pengiriman Informasi

Teknologi Informasi (TI) atau Information Technology (IT) - Istilah umum untuk teknologi apa pun yg membantu insan dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan serta/atau mengembangkan informasi.

TI menyatukan komputasi serta komunikasi berberkecepatan tinggi untuk data, suara, serta video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi pun telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, serta peranti genggam modern (misalnya ponsel)

Pengiriman Informasi ketika diharapkan ada tiga cara yg sanggup dilakukan.
  -  UNICAST
  -  BROADCAST
  -  MULTICAST

Merupakan Point-to-Point koneksi antara Klien-Server, satu Pengirim, serta satu Penerima. UNICAST memakai metode pengiriman IP menyerupai Protokol Kontrol Transmisi (TCP) serta User Datagram Protocol (UDP), serta Protokol berbasis SESI.

Transmisi UNICAST - Dimana paket yg dikirim dari satu sumber ke tujuan tertentu, masih bentuk mayoritas transmisi pada LAN serta dalam Internet.

Semua LAN (misal Ethernet) serta jaringan IP mendukung modus pengiriman UNICAST, serta sebagian besar pengguna sudah familiar dengan aplikasi UNICAST Standar (misal http, smtp, ftp serta telnet) yg memakai protokol pembawa TCP.

Ketika klien Windows Media Player menyambung memakai unicast ke server Windows Media, klien yg mempunyai hubungan pribadi ke server. Setiap unicast klien yg menyambung ke server mengambil bandwidth tambahan.

Sebagai contoh, 
Jika mempunyai klien 10 semua bermain 100-kilobit per kedua (Kbps) aliran, klien sebagai kelompok mengambil 1000 Kbps. Jika Anda mempunyai hanya satu klien memutar pedoman 100 Kbps, hanya 100 Kbps sesertag digunakan.


Istilah yg dipakai untuk menggambarkan komunikasi di mana sepotong Informasi dikirim dari satu titik ke semua titik. Dalam hal ini hanya ada satu pengirim, tetapi gosip tersebut dikirim ke semua peserta yg terhubung.


Transmisi Siaran 
Didukung pada kebanyakan LAN (misalnya Ethernet), serta sanggup dipakai untuk mengirim pesan yg sama ke semua komputer di LAN (-Misalnya Protokol Resolusi Alamat (-ARP-) memakai ini untuk mengirim seruan resolusi alamat untuk semua komputer di LAN-).

PROTOKOL Lapisan Jaringan (-Seperti IPv4-) pun mendukung bentuk siaran yg memungkinkan paket yg sama untuk dikirim ke setiap sistem dalam Jaringan Logis (di IPv4 ini terdiri dari ID jaringan IP serta nomor Host semua 1 ini).

[ Connecting to the IP Multicast World


Pada kelas D alamat IP versi 4, alamat yg direservasikan untuk sebuah multicast group yaitu 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255 . Multisiar paling umum diterapkan pada multisiar IP, yg biasanya dikerjakan dalam aplikasi Protokol Internet (IP) dari Media Streaming serta Televisi Protokol Internet.

MULTISIAR - Bentuk siaran yg sesungguhnya. Sumber multicast bergantung pada diaktifkan multicast router untuk meneruskan paket untuk semua subnet klien yg mempunyai klien diawasi. Ada ada hubungan pribadi antara klien serta server Windows Media.

Server Windows Media menghasilkan berkas .nsc (NetShow saluran) ketika Stasiun multicast pertama dibuat. Biasanya, berkas .nsc dikirim ke klien dari Web server. Berkas ini berisi gosip yg diharapkan Windows Media Player untuk mendengarkan MULTICAST.

Sama dengan Tuning ke Stasiun Radio. Setiap klien yg mendengarkan multicast menambahkan embel-embel beban di server. Pada kenyataannya, server mengirimkan pedoman hanya satu per multicast Stasiun. Beban sama yg dialami di server Apakah hanya satu klien atau klien 1000 diawasi

Penting:
MULTICAST di Internet ini umumnya tidak simpel alasannya hanya kecil bab dari Internet diaktifkan multicast. Multicast di lingkungan perusahaan yg mana semua Router diaktifkan multicast sanggup menyimpan sedikit Bandwidth.


Teknologi Jaringan Komputer

Jaringan Telekomunikasi - Yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer - Agar sanggup mencapai tujuannya, setiap bab dari jaringan komputer sanggup meminta serta mengatakan layanan (Service).

Pihak yg meminta/menerima layanan disebut klien serta yg memberikan/mengirim layanan disebut Peladen.

Desain ini disebut Sistem Client-Server, serta dipakai pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

[ Local Area Network  
Teknologi nya yg berkembang terus dari tahun ke tahun.


ETHERNET - Teknologi LAN. Banyak dipakai serta diciptakan oleh Bob Metcalfe serta D.R. Boggs pada tahun 1970. Hal itu dibakukan dalam IEEE 802.3 pada tahun 1980.

Ethernet Media - Jaringan yg menggunakan media bersama mempunyai kemungkinan tinggi saling ukiran data. Ethernet menggunakan Carrier Sense Multi Access/Collision Detection (-CSMA/CD-) Teknologi untuk mendeteksi Tabrakan.

Ethernet - Menggunakan Kartu Antarmuka Jaringan disokong dengan 48-bit alamat MAC. Ini membantu perangkat Ethernet untuk sanggup mengidentifikasi serta berkomunikasi dalam jarak jauh.

Menggunakan Topologi-Star dengan panjang segmen hingga 100 meter. Semua perangkat yg terhubung ke HUB/Switch dalam Modus Bintang.

Ethernet Tradisional - Menggunakan Spesifikasi 10BASE-T Specifications.Angka 10 memperlihatkan berkecepatan 10Mbps. BASE kependekan Baseband, serta T kependekan Tebal Ethernet. 10BASE-T Ethernet menyediakan transmisi berkecepatan hingga 10Mbps serta menggunakan kabel Koaksial atau kabel Cat-5 Twisted-Pair dengan RJ-45 Konektor.


Fast Ethernet - Merupakan sebuah sebutan untuk teknologi jaringan Ethernet yg memperlihatkan berkecepatan yg lebih tinggi ketimbang dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yg dibanderolnya mencapai 100 Megabit per detik.

Menggunakan teknik CSMA/CD untuk menyebarkan Data melalui media kabel ke HOST Ethernet serta teknik CSMA/CA (-Collision Avoisertace-) untuk Wireless Ethernet LAN.

Standar ini dinamakan 100BASE-T di IEEE 803,2 menggunakan Cat-5 kabel Twisted Pair serta sanggup menggunakan UTP atau Fiber Optik.

Fast Ethernet Serat - Didefinisikan di bawah Standar 100BASE-FX yg menyediakan berkecepatan hingga 100 Mbps pada Serat Optik. Ethernet dengan Serat sanggup diperpanjang hingga 100 meter dalam modus Half-Duplex serta mencapai maksimum 2000 meter di Full-Duplex

[ Fast Ethernet and Gigabit Ethernet



Setelah diperkenalkan pada tahun 1995, Fast-Ethernet hanya bisa menikmati status Kecepatan Tinggi selama 3 tahun hingga Giga-Ethernet diperkenalkan.

Giga-Ethernet menyediakan berkecepatan hingga 1000 Mbits/detik. IEEE802.3ab Standarisasi Giga-Ethernet menggunakan media kabel UTP, Cat-5, Cat-5e serta Cat-6. pun Fiber Optik.

IEEE 802.3ab - Meratifikasi pada tahun 1999, mendefinisikan Transmisi Gigabit Ethernet pada Unshielded Twisted Pair (UTP) Kategori 5, 5e, atau 6 serta kemudian dikenal sebagai 1000BASE-T.


Virtual LAN (-VLAN-) - Merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yg dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga sanggup berkomunikasi menyerupai halnya kalau perangkat tersebut terhubung ke jalur yg sama,

LAN menggunakan Ethernet yg pada giliranya bekerja pada media bersama. Di Ethernet membagi satu Domain Broadcast serta satu Domain Collision.

Dengan pengenalan SWITCH satu Domain telah dihapus. Tinggal masalah Domain Collision serta setiap perangkat yg terhubung untuk beralih karya ke Domain Collision terpisah. Tetapi Switch tidak bisa membagi jaringan menso Domain Broadcast terpisah.

Virtual LAN - Solusi untuk membagi Domain Broadcast tunggal menso beberapa domain Broadcast. dalam satu VLAN.  Ini tidak sanggup berbicara ke host lain, Secara standar, Semua HOST ditempatkan ke dalam VLAN yg sama.

[ Fundamentals in Networking 


LocalTalk - Implementasi khusus dari Lapisan Fisik dari Sistem jaringan AppleTalk dari Apple Computer. LocalTalk memilih sistem pair terlindung kabel Bengkok, dicolokkan ke transceiver diri mengakhiri, berjalan pada tingkat 230,4 kbit / s. CSMA/CA dilaksanakan sebagai Metode Akses Multiple Random.

Jaringan yg ditrapkan pada Macintosh, sehingga Mac membeli mahal akan kemampuan RS-422 Port Serial. Port dibentuk oleh Zilog SCC, bisa berfungsi baik sebagai UART Standar atau menangani protokol HDLC yg jauh lebih rumit.

Yang merupakan protokol berorientasi paket yg dimasukkan menangani, bit-isian, serta paket CheckSumming di hardware. Digabungkan bahu-membahu dengan sambungan RS422, ini  sambungan data berkecepatan tinggi.


LAN Nirkabel (-Wireless LAN-) - Suatu jaringan yg menggunakan Gelombang Radio sebagai Media Tranmisinya.

Untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area sanggup berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus.

Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik saluran jaringan menyambungkan pengguna Nirkabel ke Jaringan Berkabel.

LAN Nirkabel - Jaringan yg menggunakan Frekuensi Radio untuk komunikasi antara perangkat komputer serta simpulan titik saluran yg merupakan dasar dari Transiver Radio dua arah yg tipikalnya bekerja di Bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a).

Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau fasilitas IEEE 802.11g serta memperlihatkan beberapa level keamanan menyerupai WEP serta atau WPA.


Awalnya IBM menciptakan Token Ring sebagai pengganti teknologi Ethernet (IEEE 802.3) yg merupakan teknologi jaringan LAN paling populer.

Cara saluran jaringan berbasis teknologi gelang (Ring) yg pada awalnya dikembangkan serta diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.

IBM membeli hak cipta dari gelang belahan serta menggunakan saluran gelang belahan dalam unit IBM pada tahun 1984.

Elemen kunci dari desain gelang belahan ini yakni penggunaan penyambung buatan IBM sendiri (Proprietary), dengan menggunakan kabel pasangan berpilin (-Twisted Pair-) serta menempatkan HUB aktif yg berada di dalam sebuah jaringan komputer.


Standar Transmisi Data dalam Jaringan Area Lokal. Menggunakan Serat Optik sebagai Media Fisik yg mendasari Standar, Kemudian ditentukan menggunakan Kabel Tembaga,

Standar TP-PMD (-Twisted-Pair Physical Medium-Dependent-), Disebut pun sebagai TP-DDI (-Twisted-Pair Distributed Data Interface-).


[ FDDI (-Fiber Distributed Data Interface-)







Menurut Forum ATM, "Sebuah konsep Telekomunikasi didefinisikan oleh ANSI serta ITU (sebelumnya CCITT). Standar untuk pengangkutan yg lengkap kemudian lintas pengguna, termasuk Suara, Data, serta Sinyal Video".

ATM dikembangkan untuk memenuhi keperluan Broadband Integrated Services Digital Network, sebagaimana didefinisikan dalam simpulan 1980-an, serta didesain untuk menyatukan Telekomunikasi serta Jaringan Komputer. Dirancang untuk jaringan yg harus menangani kemudian lintas High-Throughput Tradisional Data (Transfer File) serta Konten Real-Time, Low-Latency menyerupai Suara serta Video.

Model Referensi - ATM sekitar peta ke tiga lapisan terendah dari model ISO-OSI
Lapisan Jaringan, Lapisan Data Link, serta Lpisan Fisik.

ATM - Protokol Inti yg dipakai pada SONET/SDH merupakan Tulang Punggung. Masyarakat beralih dari Jaringan Telepon (PSTN) ke Integrated Services Digital Network (ISDN)

[ Asynchronous Transfer Mode



Persyaratan Dasar Line Replacement Unit

LINE REPLACEMENT UNIT - Menggunakan Teknologi Mikroprosesor Digital Modern untuk menciptakan Sistem Avionik sangat membantu untuk meningkatkan Fungsi serta Mobilitas. Meskipun demikian, Sistem Mikroprosesor sangat Sensitif terhadap Perubahan Tegangan serta Listrik Statis.


Setiap LRU harus terpisah serta dilindungi dengan baik dari Efek atau Faktor ini untuk memastikan beroperasi yg benar.


Teknik Listrik yg prihatin terhadap timbulnya kerusakan yg tidak Disengaja, Propagasi serta Penerimaan Energi Elektromagnetik. Seperti Gangguan Elektromagnetik (-EMI-) atau kerusakan bahkan Fisik Peralatan Operasional.

Tujuan EMC - Operasi yg benar dari peralatan yg berbeda dalam lingkungan Elektromagnetik.

Sumber umum termasuk, misalnya, terusan listrik, sirkuit elektronik, motor listrik, radio serta pemancar radar. Peralatan yg terganggu, sering disebut peralatan 'Rentan' oleh seorang hebat EMC. Hal ini sanggup meliputi hampir apa pun yg memakai atau sanggup mendeteksi energi EM, menyerupai peserta radio, peralatan rumah tangga atau sirkuit elektronik apapun.


Sebuah perangkat yg Sensitif terhadap Listrik Statis (-ESD-) ialah komponen (Listrik) yg sanggup rusak oleh listrik statis menyerupai alat Non-Konduktor atau Semikonduktor.

Sebagai belahan Elektronik menyerupai Unit Pusat Pengolahan (-CPU-) didesain makin manis serta lebih padat serta lebih Rentan terhadap ESD untuk menghidari kerusakan.

Standar ini menetapkan persyaratan minimum untuk Electrostatic Discharge (ESD) metode pengendalian serta materi yg dipakai untuk melindungi perangkat elektronik yg rentan terhadap kerusakan atau degradasi dari discharge elektrostatik (ESD). Bagian dari listrik statis melalui (ESDS) perangkat elektrostatik-discharge-sensitif sanggup menjadikan kegagalan atau penurunan performa.


Konduksi atau Radiasi Energi Frekuensi Radio yg mengakibatkan Perangkat Elektronik atau Listrik untuk menghasilkan Noise yg biasanya mengganggu Fungsi Perangkat yg berdekatan.

Hal ini mengacu pada gangguan Fungsi Normal Satelit lantaran gangguan Astronomi Radio. Frekuensi Radio sanggup mengganggu Fungsi Normal dari perangkat elektronik serta listrik, serta dengan demikian penting untuk membatasi kalau memungkinkan.



Berpengaruh Besar dalam desain LRU. Disebabkan oleh Meserta tak dimaksudkan yg terpancar Elektromagnetik atau tegangan serta arus yg terhubung.

EMI - Gangguan yg terso dikala dua atau lebih Meserta Magnet berinteraksi satu sama lain. Dapat mengakibatkan duduk perkara dalam Perangkat Listrik dengan Papan Sirkuit.

Sebuah Contoh yg baik dari EMI Tempatkan sebuah kipas angin listrik akrab dengan Monitor serta Monitor Berkedip atau Melompat.

Kemampuan perangkat elektronik untuk beroperasi secara bersamaan dalam penggunaan positif dengan kualitas yg dibutuhkan. Saat terkena gangguan disengaja dibentuk atau tidak akan membahayakan perangkat elektronik lainnya serta sistem.

EMI - Bersumber dari Pesawat
  •  Radio Communication
  •  AC Units
  •  Alternators
  •  Battery Chargers
  •  Blower fans
  •  Engines
  •  Generators
  •  Blower fans
  •  Engines
  •  Generators
  •  Inverters
  •  Propeller Shafts
  •  Radars
  •  Wiring

EMI - Bersumber lainnya
Perangkat yg dipakai oleh penumpang selama penerbangan
(komputer, ponsel, perangkat game, iPod serta perangkat portable lainnya)

Selain itu,
LRU harus dilindungi dari imbas PETIR serta imbas FISIK Lainnya
  •  Getaran,
  •  Perubahan Suhu,
  •  Tekanan Udara
  •  Kelembaban,
  •  Debu
  •  Pasir,
  •  Cetakan,
  •  Stroke,
Berbagai materi Kimia (bahan Bakar Minyak) serta lain-lain.

[ EMC - ESD - EMI
[ Electrostatic Sensitive Devices
[ Electromagnetic Interference & Electromagnetic Compatibility
[ AN40-005 The Prevention and Control of Electrostatic Discharge
[ Electro magnetic Interference
[ Fundamentals of Electrostatic Discharge
[ Handling Instructions & Protection against Electrostatic Discharges
[ Radio Interference



Integrated Modular Avionics

Penggunaan perangkat Elektronik pada sistim AVIONIK PESAWAT. Sejalan perkembangan elektronik telah memicu serta membuat sistem dari setiap kompleksitas, Saat ini LRU tidak sesuai dengan keperluan dari SISTIM MODERN.



Setiap sistem terpasang setidaknya satu LRU. LRU - Sistem Komputer Khusus yg memerlukan Sistem Operasi tertentu serta perangkat lunak terkait dengan Fungsi serta Tugas nya. Sejalan peningkatan jumlah sistem serta meningkatkan fungsi mereka meninjau kembali konsep LRU.

Avionik Modular Terpadu  (IMA) - Sistem avionik arsitektur mendasar gres menurut pada integrasi yg sangat ketat dari aneka macam blok sistem serta fungsi untuk menggatikan sistim LRU.

Diyakini bahwa konsep IMA berasal dengan desain avionik dari pesawat tempur generasi keempat. Yang telah dipakai di pesawat tempur menyerupai F-22 serta F-35, atau Dassault Rafale semenjak awal 90-an. Upaya Standarisasi yg sesertag berlangsung ketika ini. (-ASAAC / STANAG 4626-), tetapi tidak ada dokumen simpulan yg dikeluarkan kemudian.

Penggunaan Modul Avionik gres (-LRM-Line Replacement Module-), dengan dimensi lebih kecil ketimbang dengan LRU. Modul Avionik ditempatkan pada Rak khusus untuk LRM (-Integrated Rack- IR) yg saling berdekatan satu sama lain.

Setiap petempatan LRM, disokong dengan Koneksi Mekanik serta Listrik standar IR, Memungkinkan vendor untuk membuat sistem gampang saling dipertukarkan.

IR - Rak Universal untuk LRM, sanggup dipasang ukuran LRM Selain itu, tidak ada keperluan untuk penempatan di setiap blok dari Power Supply, alasannya ialah semua perangkat Mikroprosesor Modern yg memerlukan pasokan tegangan yg seragam.






KONSEP IMA (-Integrated Modular Avionics-)

IMA Modularitas menyederhanakan Proses Pengembangan Perangkat Lunak AVIONIK.

  •  Struktur Jaringan Modul terinegrasi, wajib untuk memakai API (-Application Programming Interface-) umum untuk mengakses Perangkat Keras serta Sumber Daya Jaringan, sehingga mempermudah mengintegrasi Hardware serta Software.

  •  Memungkinkan para pengembang aplikasi untuk fokus pada lapisan APLIKASI, mengurangi risiko kesalahan dalam lapisan software-tingkat yg lebih rendah.

  •  Sebagai modul sering membuatkan bab yg luas dari hardware serta arsitektur perangkat lunak tingkat rendah, pemeliharaan modul lebih gampang daripada dengan arsitektur tertentu sebelumnya.


  •  Aplikasi sanggup mengkonfigurasi ulang pada modul casertagan jikalau modul utama yg mendukung mereka terdeteksi rusak selama operasi, meningkatkan ketersediaan keseluruhan Fungsi Avionik.

  •  Komunikasi antara modul sanggup memakai bus Komputer internal berkecepatan tinggi atau sanggup membuatkan jaringan eksternal, menyerupai ARINC-429 atau ARINC-664.

  •  Kompleksitas sistim berambah, yg  memerlukan desain gres serta verifikasi pendekatan semenjak aplikasi dengan tingkat kekritisan yg berbeda membuatkan HARDWARE serta SOFTWARE. 

  •  Sumber daya menyerupai CPU serta kegiatan jaringan , memori, input serta output. Partisi umumnya dipakai untuk membantu memisahkan aplikasi kekritisan adonan serta dengan demikian mempermudah proses verifikasi.
ARINC-650 serta ARINC-651 menyediakan standar tujuan hardware serta software umum dipakai dalam arsitektur IMA. Namun, bab dari API yg terlibat dalam jaringan IMA telah dibakukan, menyerupai :  ARINC-653 untuk Avionik Software partisi hambatan yg mendasari Sistem Operasi Real-Time (-RTOS-), serta API (-Application Programming Interface-) terkait.



Modus Kiprah Pada Jaringan Komputer

Rekayasa Jaringan - Tugas yg Rumit, yg melibatkan Perangkat Lunak, Firmware,  Rekayasa Tingkat Chip, Hardware, serta Pulsa Listrik. Untuk mepermudah Teknik Jaringan, Konsep Jaringan dibagi menso beberapa LAPISAN serta mempunyai kiprah masing-masing.


Setiap Lapisan terlibat dalam beberapa kiprah tertentu serta independen dari semua lapisan lain. Tapi secara keseluruhan, hampir semua kiprah jaringan bergantung pada semua lapisan. Lapisan mengembangkan data di antara mereka serta mereka bergantung satu sama lain hanya untuk Mengambil INPUT serta Mengirim OUTPUT.

Tugas setiap LAPISAN

Dalam Arsitektur berlapis dari Modus Jaringan Komputer, Satu proses seluruh jaringan dibagi menso tugas-tugas kecil. Setiap kiprah kecil lalu ditugaskan untuk lapisan tertentu yg bekerja dengan penuh pengabdian untuk memproses nya. Setiap lapisan hanya bekerja pekerjaan tertentu.

Dalam sistem komunikasi berlapis, satu lapisan host berkaitan dengan kiprah yg dilakukan oleh atau dilakukan oleh lapisan rekan-nya pada tingkat yg sama pada REMOTE HOST.

Tugas yg baik diprakarsai oleh lapisan di tingkat terendah atau paling tingkat atas.
Jika kiprah tersebut diprakarsai oleh Lapisan tingkat atas, diteruskan ke lapisan di bawahnya untuk diproses lebih lanjut.

Lapisan bawah melaksanakan hal yg sama, itu proses kiprah serta melewati ke lapisan bawah. Jika kiprah tersebut diprakarsai oleh lapisan paling bawah, maka alur kebalikan diposes.

Setiap lapisan gotong royong semua melaksanakan Prosedur, Protokol, serta Metode yg diperlukan untuk mengeksekusi bab tugasnya. Semua lapisan mengidentifikasi rekan-rekan mereka dengan cara ENCAPSULATION HEADER and TAIL

Model OSI (-Open System Interconnect-)

"Open System Interconnect" - Merupakan standar terbuka untuk semua sistem komunikasi. Model OSI didirikan oleh International Standard Organization (-ISO-). Model ini mempunyai tujuh lapisan:
Lapisan APPLICATION
Bertanggung jawab untuk menyediakan antarmuka untuk pengguna aplikasi. Lapisan ini meliputi protokol yg pribadi berinteraksi dengan pengguna.
Lapisan PRESENTATION
Mendefinisikan bagaimana data dalam format orisinil dari host remote harus disajikan dalam format orisinil dari tuan rumah.
Lapisan SESSION
Menjaga sesi antara host jarak jauh. Misalnya, sesudah otentikasi pengguna / sandi dilakukan, host remote mempertahankan sesi ini untuk sementara serta tidak meminta otentikasi lagi dalam rentang waktu.
Lapisan TRANSPORT
Bertanggung jawab untuk pengiriman end-to-end antara host.
Lapisan NETWORK
Bertanggung jawab untuk penentuan alamat serta mengatasi unik host dalam sebuah jaringan.
Lapisan DATA LINK
Bertanggung jawab untuk membaca serta menulis data dari serta ke garis. link kesalahan yg terdeteksi pada lapisan ini.
Lapisan PHYSICAL
Mendefinisikan Hardware, Sambungan Kabel, Output Daya, Denyut Nadi dll

Model INTERNET

Internet memakai TCP/IP Protocol, pun dikenal sebagai INTERNET SUITE. Mendefinisikan Model Internet yg berisi empat arsitektur berlapis. OSI Model Model komunikasi umum tetapi Internet Model yg memakai dunia maya untuk semua INTERNET-COMMUNICATION. Tidak tergantung dari Arsitektur Jjaringan yg mendasarinya so Model nya. Model ini mempunyai lapisan berikut:
Lapisan APPLICATION
Mendefinisikan protokol yg memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan. Sebagai contoh, FTP, HTTP dll
Lapisan TRANSPORT
Mendefinisikan bagaimana data harus mengalir antara Host. Protokol utama pada lapisan ini yaitu Transmission Control Protocol (-TCP-). Lapisan ini menjamin data yg dikirim antara Host dalam susunannya serta bertanggung jawab untuk pengiriman end-to-end.
Lapisan INTERNET
Internet Protocol (-IP-) bekerja pada lapisan ini. Lapisan ini memfasilitasi tuan menangani serta pengakuan. Lapisan ini mendefinisikan ROUTING. Mengarahkan ke tujuan yg sebenar nya
Lapisan LINK
Menyediakan prosedur pengiriman serta penerimaan konkret data.Unlike dengan rekan OSI Model, lapisan ini yaitu independen dari arsitektur jaringan yg mendasarinya serta perangkat keras.


Pelayanan Dan Protokol Computer Network

Jaringan Komputer - Jaringan telekomunikasi yg memungkinkan komputer untuk saling bertukar data. Jaringan Komputer, Perangkat Komputasi, Jaringan pertukaran data dengan satu sama lain memakai Link Data. Hubungan antara NODE ditetapkan baik memakai Media Kabel atau Media Nirkabel.



Perangkat Jaringan Komputer yg berasal, Rute mengakhiri data disebut NODE jaringan. Node sanggup meliputi HOST menyerupai Komputer Pribadi, Ponsel, Server serta Perangkat Keras Jaringan. Dua perangkat tersebut sanggup dikatakan jaringan bahu-membahu dikala salah satu perangkat sanggup bertukar Informasi dengan Perangkat lain, apakah mereka mempunyai korelasi pribadi satu sama lain. serta saling melayani.


Dua macam dalam Modus Pelayanan.
 —  CIRCUIT SWITCHING
 —  PACKET SWITCHING


Metode Implementasi Jaringan Telekomunikasi di mana dua node jaringan membangun Saluran Komunikasi Khusus (Sirkuit) melalui jaringan sebelum node sanggup berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh kanal serta tetap terhubung selama sesi komunikasi. Rangkaian berfungsi sebagai jikalau node secara fisik terhubung menyerupai sebuah sirkuit listrik.

Contoh
Mendefinisikan jaringan Circuit-Switched - Jaringan Telepon Analog awal.
Ketika panggilan dilakukan dari satu telepon ke yg lain,
Diarahkan pertukaran telepon yg menciptakan kawat sirkuit terus menerus berafiliasi selama pembicaraan berlangsung.


Metode komunikasi jaringan digital yg semua kelompok data dikirimkan ke dalam blok yg disebut PAKET. Dikirmkan melalui media yg sanggup dipakai bersama oleh beberapa sesi komunikasi bersamaan. Packet Switching meningkatkan efisiensi jaringan, ketahanan serta memungkinkan konvergensi teknologi banyak aplikasi yg beroperasi pada jaringan yg sama.

MULTIPLEXING beberapa sambungan telekomunikasi selama Konduktor Fisik yg sama telah terhubung untuk waktu lama, tapi tetap saja setiap kanal pada Link Multiplexing tidak efisien untuk satu panggilan atau menganggur diantara panggilan.

Proses SEGMENTASI DATA yg akan dikirimkan menso beberapa paket yg lebih kecil. Setiap paket diberi label dengan tujuan serta nomor urut untuk pemesanan paket terkait, menghalangi keperluan untuk jalur khusus untuk membantu paket menemukan jalan ke tujuannya.

Setiap paket dikirim secara Independen serta masing-masing sanggup dialihkan melalui jalan yg berbeda. Di daerah tujuan, pesan orisinil meyesuaikan kembali menurut jumlah paket untuk mereunitsi pesan asli. Akibatnya, Datagram jaringan packet switching tidak membutuhkan sirkuit yg akan dibentuk serta memungkinkan banyak pasangan node berkomunikasi secara bersamaan melalui kanal yg sama.

PACKET SWITCHING sanggup diklasifikasikan ke dalam 
  -  CONNECTIONLESS-SERVICE, dikenal sebagai DATAGRAM SWITCHING.
  -  CONNECTION-ORIENTED , dikenal sebagai VIRTUAL CIRCUIT SWITCHING.


Disebut sebagai  komunikasi CL-MODE, Metode transmisi data yg dipakai dalam jaringan PACKET SWITCHING dimana setiap unit data tersendiri serta diarahkan menurut gosip dilakukan di masing-masing unit, bukan di gosip Setup (Diatur sebelumnya), Saluran Data tetap menyerupai pada komunikasi berorientasi koneksi ..


Komunikasi Connectionless antara dua titik jaringan, pesan sanggup dikirim dari satu titik ke titik lain tanpa pengaturan sebelumnya. Perangkat di salah satu ujung komunikasi mentransmisikan data ditujukan kepada yg lain, tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa akseptor tersedia serta siap untuk mendapatkan data. Beberapa protokol memungkinkan untuk koreksi Identifir oleh Transmisi ulang yg diminta.

PROTOKOL CONNECTIONLESS-SERVCE Seperti.
 —  Internet Protocol  (-IP-)
 —  User Datagram Protocol  (-UDP-)
 —  Internet Control Message Protocol  (-ICMP-)
 —  Internetwork Packet Exchange  (-IPX/SPX-)
 —  TIPC
 —  NetBEUI
 —  Hypertext Transfer Protocol  (-HTTP-)


Modus Jaringan Komunikasi, di mana sesi komunikasi atau koneksi semi-permanen dibentuk  sebelum data yg berkhasiat sanggup ditransfer, serta di mana anutan data yg disampaikan dalam urutan yg sama menyerupai itu dikirim. Alternatif untuk Transmisi Connection-Oriented yaitu Komunikasi Connectionless,

Misalnya Modus Komunikasi Datagram dipakai oleh IP serta UDP Protokol, di mana data sanggup dikirim keluar dari urutan, sebab paket yg berbeda yg diarahkan secara Independen, serta sanggup dikirim melalui jalur yg berbeda.


Mungkin ini Koneksi Circuit-Switched, atau Paket-Modus sambungan Sirkuit Virtual. Dalam kasus terakhir, mungkin memakai salah Protokol Lapisan Transport Virtual Circuit menyerupai Protokol TCP, yg memungkinkan data akan disampaikan dalam rangka meskipun lebih rendah beralih Lapisan Connectionless,

Mungkin Lapisan Data Link atau Jaringan lapisan Mode Switching, di mana semua Paket Data milik arus kemudian lintas yg sama disampaikan melalui jalan yg sama, serta arus kemudian lintas diidentifikasi oleh beberapa Koneksi Identifier bukan oleh Informasi Routing yg lengkap, yg memungkinkan beralih menurut hardware cepat.

PROTOCOL CONNECTION-ORIENTED Seperti.
 —  Asynchronous Transfer Mode  (-ATM-)
 —  Connection-oriented Ethernet
 —  Datagram_Congestion_Control_Protocol  (-DCCP-)
 —  Frame Relay
 —  General_Packet_Radio_Service  (-GPRS-)
 —  IPX/SPX
 —  MultiProtocol Label Switching
 —  Stream_Control_Transmission_Protocol  (-SCTP -)
 —  Transmission Control Protocol  (-TCP-)
 —  TIPC
 —  X.25 Connection-Oriented Reliable Network Protocol.
 —  IP Addresses