Apa yg menciptakan
AVIONIK DataBus begitu penting ketika ini. Faktor penting itu meliputi.
- Perilaku deterministik
- Toleransi kesalahan
- Redunsertasi.
Hanya
Serial DataBus yg memakai beberapa set kabel secara terus menerus mengirim data dari titik ke titik lain nya.
Merupakan komunikasi pada DataBus :
- Didalam LRU (Line Replacement Unit)
- Antara LRU
- Mengirim data dari Sensor ke System
- Antara System.
MIL-STD-1553 (Rev B) Contoh Serial DataBus yg dikenal di Militer, yg dikembangkan pada 1970-an. Arah kemajuan tampak bergerak dari ke media Fiber Optic yg memiliki berkecepatan transmisi data lebih cepat. MIL-STD-1773 menso versi serat selain dari MIL-STD-1553. Begitu diterapkan pada Peasawat Komersial serta Transportasi
Organisasi Standar DataBus memakai istilah-istilah seperti
- Militer AS - MIL-STD-xxxx (Militer standar-"Doc #")
- The United Kingdom (UK) - DEF-STAN-xxxx (Defense standar-"Doc #")
- NATO - STANAG (Perjanjian Standard).
Standar Militer AS ditransfer ke standar forum komersial untuk kontrol.
Seperti dari MIL-STD-1553B (Standar Pemerintah AS) ke AS 1553B (SAE Standar). Aeronautical Radio inc. menghasilkan Standar Avionik Komersial, Disebut ARINC #. serta organisasi IEEE atau ANSI mengontrol banyak Standar DataBus.
Dalam perkembangan dari tahun 1960-1990 Berpengaruh terhadap.
- Pengurangan Beban, Isi, Pemakaian Daya, Pengkabelan nya
- Meningkatkan Performance, Pemrosesan, Komplesitas, Kehandalan/Reliability
SAE Standards AIR1189 - Airborne Internal Interface Standards
Moderate Bit Rate Digital Time Division - Multiplex Systems
AIR4013A - Multiplex Data Bus Networks for Mil-Std-1760 Stores
ARP4258 - Application of Low Speed Avionic System Discrete Signal Interfaces
AS15531 - Digital Time Division Command/Response Multiplex Data Bus
AS4075 - High Speed Ring Bus (Hsrb) Standard
AS4075/1 - Optical Implementation Relating to the High Speed Ring Bus (Hsrb) Standard
AS4710 - Pi-Bus
AS5370 - Multi-Transmitter Bidirectional Fiber-Optic Data Bus
Distributed Aircraft Control Systems
AS5643 - IEEE-1394b Interface Requirements
Military and Aerospace Vehicle Applications
DO-178B - Software Considerations in Airborne Systems and Equipment Certification,
an aviation industry standard since 1992.
DO-178C - Standard is being worked on for release in 2011.
DO-254 - Design Assurance Guisertace for Airborne Electronic Hardware,
put into effect on FPGA/ASIC designs via AC 20-152 in 2005
DO-297 - Integrated Modular Avionics (IMA)
Development Guisertace and Certification Considerations
Time Triggered Protocol (-TTP-) (-SAE AS6003-) Deterministik Lapangan Bus toleran untuk aplikasi ruang angkasa Safety-Critical pertama kali dilaksanakan pada tahun 2004.
RS-485 antarmuka telah menso Standar Lapisan Fisik de facto.
Dua saluran mengoperasikan Asynchronous atau Synchronous atas bus atau bintang Antarmuka Topologi.
Backplane Data Bus (-ARINC-659-) Backplane DataBus untuk Integrated Modular Avionics backplane Data Bus, beroperasi pada 60Mbps sebagai DataBus penerbangan komersial. Arsitektur SAFE Bus, Dikembangkan oleh
Honeywell atas dasar
ARINC 659 (Digunakan pada pesawat Boeing 777).
Multi-Transmitter Data Bus (-ARINC-629-) Sebuah Divisi Waktu Serial DataBus Data yg beroperasi melalui kabel di 2Mbps. Dikembangkan oleh Boeing serta diimplementasikan pada Boeing 777 serta beberapa model dari Boeing 737.
Digital Information Transfer System (-DITS-) (-ARINC-429-) Searah Multidrop Topologi Point-to-point, memakai 2-kawat Bi-Polar twisted-pair, serta Return-to-Zero signaling. Menggunakan kabel 78 Ohm tidak seimbang terlindung twisted pair tembaga menghubungkan hingga 20 beban dari satu sumber. Panjang pesan yaitu kata data yg 32 bit. ARINC 429 dipakai untuk kontrol penerbangan pada Boeing 777.
Avionics Digital Video Bus (-ADVB-) (-ARINC-818-) Antarmuka Video serta Standar Protokol yg dikembangkan pada Bandwidth Tinggi, Latency Rendah, Terkompresi Transmisi Video Digital. Sistem Video yg mencakup : Sensor Inframerah serta Panjang Gelombang, Kamera Optik, Radar, Perekam Penerbangan dll.
Protokol Serial Point-to-Point, 8B/10B dikodekan untuk Transmisi Video, Audio, serta Data. Protokol ini Packetized, tapi Video Sentris serta sangat Fleksibel, Yang mendukung satu Link atau Transmisi pedoman tunggal melalui Link Ganda.
SpaceBorne Fiber Optic DataBus (-SFODB-) (-IEEE-std-1393-) 1 Gb/s Fiber. Persyaratan desain untuk Serat Optik Protokol seri Interkoneksi, Topologi, serta Media. Target Standar Aplikasi untuk Interkoneksi dari beberapa Sensor Aerospace, Pengolahan Sumber Daya, Sumber Curah Penyimpanan, serta Sumber Daya Komunikasi Onboard, Platform Kedirgantaraan. Standar untuk Interkoneksi Subsistem, sebagai lawan Koneksi Intra-Backplane.
Module Test and Maintenance Bus (-MTM-Bus-) (-IEEE P1149.5-) Protocol. Dikhususkan secra Serial Test serta Perawatan antra Test Control
MASTER serta hingga 250 Modul
SLAVE modules. Mempunyai 5 Sinyal yaitu
- MTM Clock (MCLK)
- MTM Control (MCTL)
- MTM Master Data (MMD)
- MTM Slave Data (MSD)
- MTM Pause Request (MPR).
Secification ini diperuntukan pada BOARD LEVEL
Selain itu untuk penggunaan versi 1149.1 hingga CHIP LEVEL
Parallel Interface Bus (-PI-Bus-) (-SAE-AS4710-) Mirip dengan Struktur VME, memakai BTL logika. Avionik kesalahan-toleransi bus (JAIWG). Juga disebut InterModule Paralel - Bus. Menyediakan 32 bit data lebar bus, dengan 50 MBytes per berkecepatan transfer kedua. Menggunakan Preemptive, Protokol berbasis Prioritas
SpaceWire - Spacecraft Communication Network (-IEEE-std-1355.2-) Berdasarkan HIC (IEEE-1355) Bus. Standar untuk link berkecepatan tinggi serta jaringan untuk dipakai onboard, pesawat ruang angkasa, meringankan Interkoneksi dari : Sensors, Mass-Memories, Processing Units, Downlink Telemetry Sub-Systems.
Peralatan SpaceWire terhubung bantu-membantu memakai link SpaceWire yaitu: Serial, High-Speed (2 Mbits/sec to 200 Mbits/sec), Bi-Directional, Full-Duplex. Informasi aplikasi dikirim sepanjang link SpaceWire dalam Paket Diskrit. Kontrol serta Informasi Waktu pun sanggup dikirim sepanjang Link SpaceWire.
Avionics Full Duplex Switched Ethernet (-AFDX-) (-ARINC-664-) Jaringan data, dipatenkan oleh vendor pesawat internasional Airbus, untuk aplikasi Keamanan-Kritis yg memanfaatkan Bandwidth yg berdedikasi sambil menunjukkan Kualitas Deterministik Layanan (QoS).
Keenam aspek utama dari Jaringan data AFDX termasuk Full Duplex, Redunsertasi, Determinisme, Kinerja Kecepatan Tinggi, Switch serta Jaringan diprofilkan. Disebut pun sebagai Avionics Full DupleX Switched Ethernet
High Speed Data Bus (-HSDB-) (-SAE AS4074.1-V2.0-) Linear Token Passing Multiplex Data Bus. Fiber Optic Bus, beroperasi pada 80 Mbps, Serial bus. Proyek penelitian menjelaskan proses desain untuk membuatkan sebuah model Spesifikasi Simulatable parsial ditulis dalam VHDL di tingkat transfer register untuk menggambarkan Spesifikasi Protokol Token Linear lewat Multipleks Bus Data.
PROTOKOL serta HSDB dua spesifikasi pilar Avionik Arsitektur bus yg sesertag dikembangkan untuk F-22, LHX, serta pesawat militer di masa depan.
High-Speed Ring Bus (-HSRB-) (-SAE AS4075-) Standar Komunikasi Data - Kesalahan Toleran, Real-Time Kecepatan Tinggi ditentukan menurut Topologi Ring serta penggunaan metode lewat susukan Token dengan kontrol terpengiriman. Persyaratan untuk Standar
HSRB telah didorong terutama, tetapi tidak langsung dengan aplikasi militer.
Karakteristik Sistem : Serat optik karakteristik bersahabat dengan Karakteristik Umum Sistem, Karakteristik Media, Karakteristik Bypass Saklar, Karakteristik Transmitter, Karakteristik penerima.
Avionics Standard Communications Bus (-ASCB-) High-Speed, Bi-Directional Digital DataBus. Struktur bus yg didesain untuk Real-Time, Komunikasi Periodik, Kesalahan-Toleran antara Modul Avionik Honeywell. Algoritma dimodelkan untuk dipakai Sinkronisasi CLOCK ketika Modul berkomunikasi yg memungkinkan Transmisi Periodik.
Commercial Standard Communications Bus (-CSCB-) CSCB - Commercial Standard Communications Bus.
High-Speed, Bi-Directional Digital DataBus. Transmisi dua arah sanggup terso antara dua pengguna bus. Jika pengguna bus mendapatkan diharapkan untuk mengirim data ke pengguna bus lain, bus yg terpisah harus digunakan.
CSDB - Commercial Standard Digital Bus.
Low-Speed, Uni-Directional digital data bus menurut
RS-422 Bus. Dipergunakan pada Low-Speed 12,500 bps atau High-Speed 50k bps. Karakteristik Listrik dari Seimbang Sirkuit Tegangan Digital Interface. Dipergunakan pada Low-Speed 12,500 bps atau High-Speed 50k bps. Bus Asynchronous Searah, sebelumnya dikenal sebagai Collins Standard Digital Bus.
[ Aviation Data Transmission Review of ARINC-429 & 629 Standard [ Avionic DataBus Integration Technology [ Avionic Dataloggers log CAN-Bus data for Flight Tests [ The Evolution of Avionics Networks From ARINC 429 to AFDX