Mobil Terbang - Aeromobil 3.0

AeroMobil. Keindahan kendaraan beroda empat sanggup terbang. Indah TERINTEGRASI. Mengubah dalam hitungan detik dari MOBIL menso PESAWAT Terbang. Memberikan kebebasan untuk bergerak. Bebas dari kemacetan serta cepat hingga tujuan.



AeroMobil 3.0
Mobil Terbang yg tepat memanfaatkan Infrastruktur yg ada 
dibentuk kendaraan beroda empat serta untuk pesawat, membuka pintu untuk aktual perjalanan dari pintu ke pintu. 
Sebagai MOBIL cocok dengan setiap ruang Parkir yg Standar, 
memakai Bensin biasa, serta sanggup dipakai dalam kemudian lintas jalan menyerupai kendaraan beroda empat lain.

Sebagai PESAWAT sanggup memakai Bandara manapun di dunia, 
sanggup lepas landas serta mendarat memakai jalur rumput atau permukaan beraspal
hanya beberapa Ratus Meter saja.


AeroMobil 3.0
Terutama dibangun dari materi komposit canggih. Termasuk Cangkang, Sayap, serta Roda. 
Berisi semua FITUR Utama yg akan dimasukkan ke dalam Produk akhir,
Peralatan AVIONIK, AUTOPILOT serta Sistem PARASUT


AeroMobil 3.0
Menerapkan sejumlah Teknologi Canggih lainnya, 
Sudut Variabel Serangan dari Sayap yg secara signifikan lebih pendek persyaratan take-off, 
Suspensi kokoh yg memungkinkan untuk lepas landas serta mendarat
Bahkan pada meserta yg Relatif Kasar.


AeroMobil 3.0 - Official Video
Kita sanggup menyaksikan bagaimana Mobil tersebut sanggup berjalan di jalan raya 
serta sanggup terbang ke angkasa raya



Spesifikasi
Kecepatan maks.- 200 km/h
Panjang                -    6 Meter
Rentang Sayap  - 8,32 Meter
Pembuat -   AeroMobil s.r.o.


Pertukaran Isu Dengan Digital Databus

Saluran Pertukaran Informasi (-Data Bus-DB-)
 - Set alat yg menyediakan Interaksi Komponen AVIONK, Subsistem, Blok, Modul satu sama lain serta dengan peralatan lainnya.
Pengertian umum Data Bus
 - Seperangkat Prinsip Logis serta Fisik dari Interaksi Komponen Sistem atau Seperangkat Aturan, Algoritma, Sinkronisasi waktu untuk pertukaran data antara komponen.

Jenis Data Bus

Berbeda Karakteristik an Prinsip Pertukaran Informasi
  -  Channels Data Bus yg dipakai pada Tingkat Struktural yg berbeda
  -  Di dalam Unit untuk menghubungkan Fungsional komputasi Perangkat serta Modul
  -  Di dalam Sistem untuk Pertukaran Informasi antar Unit (LRU, LRM)
  -  Untuk Terhubung ke sistem Sensor yg berbeda (Analog serta Digital)
  -  Untuk Bertukar Informasi antara Sistem yg berbeda.
Pada masing-masing tingkat dipakai berbeda Data Bus,
Dioptimalkan untuk melaksanakan Fungsi Spesifik pada tingkat tersebut.


Untuk membuatkan serta membangun LRU atau pabrikan LRM sanggup memakai DB Standar. Berbagai komponen yg modern elektronik mendukung Standar DB yg berbeda, tetapi secara umum, pilihan DB tergantung pada Mikrokontroler yg dipilih.

Pada tingkat yg lebih tinggi untuk pertukaran warta antara sistem yg berbeda serta satuan yg dipakai didesain khusus DB Standar. Harus memenuhi persyaratan ibarat :
  -  Mendukung pertukaran Iinformasi secara Real-Time
  -  Memastikan kekebalan kebisingan yg tinggi.
  -  Tahan terhadap Kegagalan (Melanggar, Penguncian,
      Modul menempel pengabaian seharusnya tidak menyebabkan kegagalan lengkap)
  -  Menunda pengiriman warta harus deterministik serta agak kecil
  -  Memastikan operasi dalam hal aneka macam dampak lingkungan
  -  Mengontrol keadaan DB
  -  Memberikan fleksibilitas (Modul perubahan tidak menyebabkan perubahan Signifikan
      dalam blok lain dari sistem)
  -  Memenuhi persyaratan dari IMA.



Dari awal dari Sistem Avionik setiap ditempatkan di kawasan khusus. Informasi dari satu sistem ke sistem lain dikirim melalui saluran data analog. Untuk itu dibutuhkan sejumlah besar koneksi kabel antara blok. Selain itu, analog DB mempunyai kekebalan kebisingan sangat rendah. Dari perkembangan teknologi nya sanggup terlihat



Untuk mengatasi duduk perkara ini, Tahun 1974 Militer AS membuatkan pertama Saluran Data Digital (-Digital Data Bus - DDB-) MIL-STD-1553 serta diperkenalkan untuk pertukaran antar sistem.

Kemudian muncul Standar ARINC-429 untuk dipakai dalam Penerbangan Sipil, Yang masih dipakai oleh Produsen AVIONIK. Namun, penggunaan saluran digital untuk pertukaran data antara sistem yg terpisah tidak meningkatkan Fungsionalitas serta Fleksibilitas dari sistem.

Perkembangan Avionik membutuhkan Standar DB yg baru. Militer dimodernisasi MIL-STD-1553B serta menurut Stang 3910. Dalam Penerbangan Sipil dipilih arah yg berbeda secara Fundamental serta membuat Standar gres ARINC-629.


Peningkatan jumlah Avionik serta meningkatnya kapasitas peralatan komputer yg dibutuhkan Integrasi sangat erat dari sistem yg berbeda serta unit avionik pada tingkat yg berbeda dari Fungsi komputasi.

Ini yaitu alasan pembangunan serta penggunaan IMA. Persyaratan kapasitas Digital Data Bus terus terus meningkat. Terso, alasannya Sistem Avionik menerima kiprah gres yg dibutuhkan dari transmisi fatwa data yg besar secara Real-Time. Akibatnya, mulai muncul supercepat Digital Data Bus (STANAG 7076, Saluran Fiber, AFDX).

Pertukaran Informasi DIGITAL.
  -  Satu Sumber - Satu Perima.
     Paling gampang Digital Data Bus, yg yg mentransfer data dari satu peralatan yg lain.
  -  Satu Sumber - Banyak Penerima.
     Teknologi warta transfer dari satu blok ke sejumlah lainnya (ARINC 429).
  -  Banyak Pemancar - Banyak Penerima.
     Digital Data Bus mempunyai sedikit atau lebih pemancar yg sanggup mengirimkan Informasi kepada
     sejumlah akseptor (MIL-STD-1553B, ARINC 629).

Standar Dasar Pertukaran Informasi DIGITAL

1.  Dikembangkan oleh (-The Association of Designers Moving Vehicles -SAE-)
   - AIR 1189 - Kecepatan menengah Pembagian Waktu Digital Data Bus (Sistem Multipleks)
   - AIR 4013A - Multiplexing Digital Data Bus (MIL-STD-1760 Series)
   - ARP 4258 - Digital Data Bus Antarmuka Kecepatan Rendah, Sinyal Diskrit
   - AS 15 531 - Pembagian waktu Digital Multiplexing Digital Data Bus
         (Permintaan/Tanggapan)
   - AS 4.074,1 - Digital Data Bus Multiplexing dengan jalan masuk langsung
   - AS 4075 - Ultra-Cincin cepat Digital Data Bus
   - AS 4710 - Antarmuka Paralel Digital Data Bus (Pi-Bus)
   - AS 5370 - Duplex Multi-Serat Optik Digital Data Bus
   - AS 5643 IEEE-1394b - DB Digital untuk Militer serta Produk Kedirgantaraan.

2.  Dikembangkan oleh (-ARINC-)
   - ARINC 429 - Digital Data Bus untuk mempertahankan
         Jenis sambungan "Pont-to-Point" dua kawat, bipolar;
   - ARINC 573 - Sistem registrasi Digital Data Bus Informasi penerbangan
   - ARINC 629 - Data Digital Data Bus bersamaan dari beberapa pemancar
   - ARINC 659 - Digital Data Bus untuk IMA
   - ARINC 664 - Deskripsi AFDX
   - ARINC 708 - Digital Data Bus untuk mengirimkan Informasi Grafis
         dari papan ke meteo sistem tampilan Radar
   - ARINC 818 - Digital Data Bus untuk mengirimkan Video Terkompresi,
         Audio serta Informasi Teks.

3.  Dikembangkan oleh (-IEEE-)
   - IEEE-std-1.149,5 - DB Digital untuk peralatan pengujian
   - IEEE-std-1393 - Digital Serat Optik DB untuk pesawat Ruang Angkasa
   - IEEE 1355,2 - DB Digital dengan Transmisi Rendah.

Salah satu yg paling Perspektif Standar Digital DB sederhana untuk meyesuaikan jaringan Ethernet, disesuaikan untuk dipakai pada Komputer
  (-Avionics Full Duplex Switched Ethernet - AFDX-) 
Yang menyediakan Transfer Data Berberkecepatan Tinggi.


[   Avionics Standard Communications Bus
[  Avionic DataBus Solution
[  The Avionics Databus
[  Commercial Standard Digital Bus
[  Harmonic Analysis of Digital Data Bases
[  Multiscale bi-Harmonic Analysis of Digital Data Bases



Perbedaan Data Vs Informasi

DATA 

Catatan atas Kumpulan Fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yg berarti "Sesuatu yg diberikan".

Dalam penggunaan sehari-hari data berarti Suatu Pernyataan yg diterima secara apa asertaya. Pernyataan ini yaitu Hasil Pengukuran atau Pengamatan suatu Variabel yg bentuknya sanggup berupa Angka, Kata-kata, atau Citra.


Penggunaan bahasa Inggris pertama dari kata "DATA" yaitu dari 1640-an. Menggunakan kata "DATA" berarti "Informasi komputer menular serta sanggup disimpan" pertama kali dilakukan pada tahun 1946. Ekspresi "Pengolahan data" pertama kali dipakai pada tahun 1954.

BASISDATA (DATABASE) - Kumpulan INFORMASI yg disimpan di memori komputer, Beroperasi Sitematik sehingga sanggup diperiksa memakai Program Komputer untuk memperoleh INFORMASI Dari dasar Data tersebut.

Perangkat Lunak Yang dipakai untuk mengelola serta memanggil KUERI (Query) basis data yg disebut Sistem administrasi basis data (-Database Management System - DBMS-).



INFORMASI 

Pesan (Ucapan atau Ekspresi) atau Kumpulan Pesan yg terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yg sanggup ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. INFORMASI sanggup direkam atau ditransmisikan.

Hal ini sanggup dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal menurut gelombang. Informasi yaitu jenis program yg mensugesti dari sistem dinamis.

Secara konsep mempunyai banyak arti dalam konteks yg berbeda. INFORMASI sanggup di katakan sebagai Pengetahuan yg didapatkan dari Pembelajaran, Pengalaman, atau Perintah.

Memiliki banyak arti bergantung pada Konteks nya, serta secara umum berafiliasi bersahabat dengan konsep menyerupai arti, Pengetahuan, Persepsi, Stimulus, Komunikasi, Kebenaran, Representasi, serta Rangsangan Mental.



KESIMPULAN

Maksud
DATA mentah, fakta terorganisir yg perlu diproses. Data sanggup menso sesuatu yg sederhana serta sepertinya acak serta tidak mempunyai kegunaan hingga diatur.
Ketika data di PROSES, terorganisir, terstruktur atau disajikan dalam konteks tertentu sehingga membuatnya berguna, disebut INFORMASI.

Contoh
Skor tes masing-masing siswa merupakan salah satu bab dari DATA.
Skor rata-rata kelas atau dari seluruh sekolah yaitu INFORMASI yg sanggup diturunkan dari data yg diberikan.

Etymology
"DATA"
Berasal dari kata Latin tunggal, datum, yg aslinya berarti "Sesuatu yg diberikan." Penggunaan kembali tahun 1600-an. Seiring waktu "DATA" telah menso jamak dari Datum.

"INFORMASI"
Lebih renta lagi yg kembali ke 1300-an serta mempunyai sejarah Perancis serta Inggris. Selalu disebut "Tindakan meng-Informasi-kan" biasanya dalam hal Pendidikan, Instruksi, atau Komunikasi Pengetahuan lainnya.





Masa Depan Komunikasi Data Dan Jaringan

JARINGAN LUAS - Jaringan Komunikasi suatu hari akan ada di mana-mana, hampir perangkat apapun akan sanggup berkomunikasi dengan perangkat lain di dunia. Berlaku dalam banyak hal, tapi yg penting ialah tingkat yg mengejutkan di mana kita risikonya akan sanggup mengirimkan data.



Perubahan DRAMATIS 

Selama bertahun-tahun dalam jumlah data yg sanggup ditransfer.
Tahun 1980, 
Kapasitas Jaringan Telepon berbasis Tradisional (Yang akan memungkinkan untuk Dial-Up Komputer dari rumah) ialah sekitar 300 bit per detik (bps).
Tahun 1990, 
Mengirimkan data pada 9.600 bps, atau sekitar sebutir pasir setiap detik.
Tahun 2000, 
Mampu mengirimkan baik kacang (Modem pada 56 Kbps) dengan (DSL [Subscriber line digital] 1,5 Mbps) setiap detik melalui akses telepon yg sama.
Tahun 2010, 
Memiliki kemampuan untuk mengirimkan 1 Gbps memakai point-to-point radio teknologi-atau dalam istilah relatif, sekitar satu basket per detik.










A First Key Trend
Perubahan WAN serta INTERNET

Lebih dramatis. Dari ukuran khas 56 Kbps pada tahun 1980 dengan 622 Mbps dari sirkuit berberkecepatan tinggi pada tahun 2000, sebagian besar andal kini memprediksi berkecepatan tinggi WAN atau sirkuit Internet akan bisa membawa 25 Tbps (25 Terabit, atau 25 Triliun bit per detik ) dalam beberapa tahun mendatang.

IBM Research menyarankan bahwa mungkin KONSERVATIF. memprediksi kapasitas 1 PBP (1 Petabit, atau 1 Quadrillion bit per detik [1 juta miliar]), Setara dengan gedung pencakar langit.



A Second Key Trend
Integrasi Voice, Video, serta Data

Integrasi Suara, Video, serta Komunikasi Data, kasertag-kasertag disebut KONVERGENSI. Sistem Telekomunikasi yg dipakai untuk mengirimkan Sinyal Video (TV kabel), Sinyal Suara (Panggilan Telepon), serta Data (e-mail) yg terpisah. Menso satu jaringan dipakai untuk Data, Suara, serta TV kabel.

Ini cepat berubah. 
Integrasi Suara serta Data sebagian besar lengkap di WAN. IXCs, menyerupai AT & T, memperlihatkan layanan telekomunikasi yg mendukung Data serta Transmisi Suara melalui Sirkuit yg sama, bahkan mencampurkan pada kabel yg sama.

Vonage (www.vonage.com) serta Skype (www.skype.com),
Memungkinkan untuk memakai Koneksi Jaringan untuk mengirim serta mendapatkan panggilan telepon memakai Voice Over Internet Protocol (-VOIP-).



A Third Key Trend

Penyediaan layanan Informasi baru pada Jaringan yg berkembang pesat. Dengan cara yg sama bahwa pembangunan Sistem Interstate HIGHWAY.  Amerika melahirkan bisnis baru, sehingga akan pembangunan komunikasi terpadu di seluruh dunia.

Kita sanggup menemukan Informasi perihal hampir apa pun di Web. Masalahnya menso salah menilai Akurasi serta Nilai Informasi. Di masa depan, kita bisa mengharapkan layanan Informasi muncul yg membantu memastikan kualitas gosip yg dikandungnya.

Tidak pernah sebelumnya dalam sejarah umat insan telah begitu banyak Pengetahuan serta Informasi telah tersedia untuk warga biasa. Tantangan yg kita hadapi sebagai Individu serta Organisasi yg Asimilasi Informasi ini menggunakannya secara EFEKTIF.



Merupakan sebuah konsep yg bertujuan untuk memperluas manfaat dari KONEKTIFITAS INTERNET yg tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan menyerupai mengembangkan Data, Remote Control, serta sebagainya, termasuk pun pada benda di dunia nyata.

Contohnya 
Bahan Pangan, Elektronik, Koleksi, Peralatan apa saja, termasuk benda hidup yg semuanya tersambung ke Jaringan Lokal serta Global melalui Sensor yg tertanam serta selalu AKTIF.

Pada bulan Juni 2009 Ashton berkomentar
"Hari ini komputer serta manusia, hampir sepenuhnya tergantung pada Internet untuk segala gosip yg semua terdiri dari sekitar 50 petabyte (satu petabyte ialah 1.024 terabyte) data yg tersedia pada Internet serta pertama kali digagaskan serta diciptakan oleh manusia. Dari mulai mengetik, menekan tombol rekam, mengabadikan objek digital atau memindai isyarat bar.
Diagram konvensional dari Internet meninggalkan router menso bab terpenting dari semuanya. Masalahanya ialah orang mempunyai waktu, perhatian serta akurasi terbatas. Mereka semua berarti tidak sangat baik dalam menangkap banyak sekali data perihal hal di dunia nyata. Dan itu ialah duduk perkara besar.
Dari segi fisik serta begitu pun lingkungan kita. Gagasan serta gosip begitu penting, tetapi banyak lagi hal yg penting. Namun teknologi gosip dikala ini sangat tergantung pada data yg berasal dari orang-orang sehingga komputer kita tahu lebih banyak perihal semua wangsit dari hal-hal tersebut.
Jika kita mempunyai komputer yg begitu banyak tahu perihal semua hal itu. Menggunakan data yg berkumpul tanpa perlu pertolongan dari kita. Kita sanggup melacak serta menghitung segala sesuatu serta sangat mengurangi pemborosan, kerugian, serta biaya. Kita akan mengetahui kapan hal itu dibutuhkan untuk mengganti, memperbaiki atau mengingat, serta apakah mereka menso terbarui atau melewati yg terbaik disini sertan ya!.
Internet of Things mempunyai potensi untuk mengubah dunia menyerupai pernah dilakukan oleh Internet, bahkan mungkin makin bagus. (Ashton,2009)

Standard Mil-Std-1553 Databus

MIL-STD-1553 DataBus - Standar Militer yg diterbitkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yg mendefinisikan Karakteristik Mekanik, Listrik, serta Fungsional dari DataBus SERIAL.

Awalnya didesain sebagai AVIONICS DATABUS untuk dipakai Avionik Militer, tetapi telah dipakai dalam Pesawat Ruang Angkasa (-On-board Data Handling - OBDH-) Subsistem, baik MILITER maupun SIPIL.

Pertama kali sebagai Standar Angkatan Udara AS pada tahun 1973, serta dipakai pada pesawat tempur F-16 Falcon. F-18 Hornet, AH-64 Apache, P-3C Orion, F-15 Eagle serta F-20 Tigershark.

FITUR
-  Multiple (Commonly Dual) Redunsertat Balanced Line Physical Layers,
-  (Differential) Network Interface
-  Time Division Multiplexing,
-  Half-Duplex Command/Response Protocol,
Dapat menangani hingga 30 Terminal Jarak Jauh (Perangkat).

MIL-STD-1553B, Tahun 1975 Menggantikan spesifikasi sebelumnya MIL-STD-1553A, diterbitkan Tahun 1978. Versi MIL-STD-1553 yg memakai Fiber Optik dikenal MIL-STD-1773.

PHYSICAL LAYER

SINGLE BUS terdiri dari sepasang kawat dengan 70-85 O Impesertasi 1 MHz. Mengguna kan Konektor melingkar serta, Pin tengahnya High (Positive) Manchester Bi-Phase Signal.

Kode Manchester dipakai untuk menyajikan Clock serta Data pada kawat yg sama serta untuk menghilangkan komponen DC pada Sinyal

Pemancar serta Penerima saling bekerjasama melalui BUS terisolasi transformator, serta koneksi bercabang memakai sepasang resistor isolasi serta,

Opsional, Transformator Kopling. Akan mengurangi imbas dari Hubungan Pendek serta menjamin Bus tidak terhubung ke pesawat.

Bit Rate ialah 1,0 MegaBit per Detik (1 bit per mikrodetik). Akurasi serta Stabilitas Jangka Panjang dari Bit Rate ditentukan berada dalam ± 0,1%;

Stabilitas Clock jangka pendek harus berada dalam ± 0,01%. Tegangan Output Puncak ke-Puncak Pemancar ialah 18-27 V.

BUS PROTOCOL

A MIL-STD-1553 Sistem Multipleks DataBus terdiri dari Bus Controller (BC) mengendalikan beberapa Terminal Jarak Jauh (RT) Semua terhubung gotong royong pada DataBus yg menyediakan jalur data tunggal antara Bus Controller serta semua Terminal Jauh Jauh (RT) terkait.

Terdapat satu atau lebih Bus Monitor (BM), Namun, Monitor Bus secara khusus tidak diperkenankan mengambil bab dalam Transfer Data, serta hanya dipakai untuk menangkap atau merekam data untuk analisis, dll

Implementasi Bus Redunsertat, Beberapa DataBus dipakai untuk menyediakan lebih dari satu jalur data, yaitu Ganda Redunsertat Data bus, Tri-Redunsertat Data Bus, dll Semua Transmisi ke Data Bus, sanggup diakses Oleh BC serta semua RT terhubung.

Pesan terdiri dari satu atau lebih kata 16-bit (Perintah, Data, atau Status). 16 bit yg terdiri dari kata yg dikirim memakai isyarat Manchester, Setiap bit ditransmisikan dalam 0,5 mikrodetik HIGH serta 0,5 mikrodetik LOW untuk Logik 1 atau urutan LOW-HIGH untuk logik 0.














MESSAGE FORMAT

Enam Jenis Transaksi yg diperbolehkan antara Bus Controller serta RT

1.  Controller to RT Transfer
Bus Controller mengirimkan satu 16-bit kata Perintah, segera diikuti dengan 1 hingga 32 16-bit kata data. Remote Terminal yg dipilih kemudian mengirimkan 16-bit kata Status tunggal.

2.  RT to Controller Transfer.
Bus Controller mengirimkan kata perintah satu mengirimkan ke Terminal jauh. Remote Terminal kemudian mengirimkan kata Status tunggal, segera diikuti dengan 1 hingga 32 kata.

3.  RT to RT Transfers.
The Bus Controller mengirimkan satu mendapatkan kata perintah segera diikuti oleh kata perintah satu transmit. The transmisi Remote Terminal mengirimkan kata Status segera diikuti dengan 1 hingga 32 kata-kata data. Yang mendapatkan Terminal kemudian mengirimkan kata Status nya.

4.  Mode Command Without Data Word.
Bus Controller mengirimkan satu kata perintah dengan Sub-alamat 0 atau 31 mengambarkan jenis perintah mode Code. Remote Terminal merespon dengan kata Status.

5.  Mode Command With Data Word (Transmit)
Bus Controller mengirimkan satu kata perintah dengan Sub-alamat 0 atau 31 mengambarkan jenis perintah mode Code. Remote Terminal merespon dengan kata Status segera diikuti oleh kata data tunggal.

6.  Mode Command With Data Word (Receive)
Bus Controller mengirimkan satu kata perintah dengan Sub-alamat 0 atau 31 mengambarkan jenis perintah Modus Kode segera diikuti oleh kata data tunggal. Remote Terminal merespon dengan kata Status.


[ Design and Development of MIL-STD-1553
[ MIL-STD-1553 DataBus
[ MIL-STD-1553 Tutorial-and-Reference
[ MIL-DTL-14538D Detail Specification
[ MIL-STD-1553 Avionics Databus Solutions
[. MIL-STD-1553 Designer’s Guide
[. MIL-STD-1553 Tutorial


Standard Arinc-429 Databus

Mark33 Informasi Digital transfer System (-DITS-) dikenal sebagai Aeronautical Radio INC. (ARINC) - Standar teknis secara umum dikuasai untuk AVIONIK Databus  yg dipakai pada Pesawat Komersial serta Transportasi.

Telah diterapkan pada Airbus A310, Boeing 727, 737, 747, 757, 767, serta McDonnell Douglas MD-11. Mendefinisikan Fisik Antarmuka serta Sinyal Listrik dari DataBus. Dua-Kawat serta Protokol mendukung Jaringan Area Lokal (-LAN-) Avionik.Pesawat Terbang.


PHISICAL LAYER

ARINC-429 - Menggunakan Self-Clocking, Self-Sinkronisasi Protokol DataBus (Tx serta Rx pada port terpisah). Kabel Fisik terpasang TWISTED Pembawa Seimbang Signaling Diferensial.
PROTOKOL memungkinkan untuk Self-Clocking pada simpulan Penerima, sehingga menghilangkan pengirimkan Data Clocking. ARINC-429 Alternatif lain dari MIL-STD-1553.

Menggambarkan penerapan Topologi Jaringan Avionik diatara Line Replacement Unit LRU.

WORD Data 32 bit serta pesan terdiri dari Kata Tunggal
Pengiriman pesan dalam waktu 12,5 kb/sec.atau 100 kb/sec.
Pemancar terus mengirimkan baik 32-bit Data (LOW/HIGH) atau NULL.
Sepasang kawat tunggal terbatas pada Satu Transmitter serta tidak lebih dari 20 Penerima.

WORD Data 32 bit terbagi.
-  Label (eg. True Air Speed-TAS, Total Air Temp.-TAT)
-  Source Destination Identifier (SDI)
-  Data Field (Bit.11 -- Bit.28)
-  Sign Status Matrix (SSM) (eg, +/-/North/East)
-  Parity Bit (Odd Parity)

















LABEL (MESSAGE FORMAT)

PEDOMAN LABEL disediakan sebagai bab dari Spesifikasi ARINC-429, Untuk aneka macam jenis peralatan. Setiap pesawat akan berisi sejumlah sistem yg berbeda, menyerupai Komputer Manajemen Penerbangan, Sistem Acuan Inersia, Komputer Data Udara, Altimeter. Radar, Radio, serta Sensor GPS.

Untuk setiap Jenis Peralatan, Set Parameter Standar didefinisikan, diterapkan disemua Produk serta model. Misalnya, Komputer Data Udara menunjukkan Ketinggian Barometer Pesawat (Label 203).

PERLINDUNGAN DARI GANGGUAN

SISTIM AIONIK Untuk memenuhi persyaratan lingkungan, dinyatakan RTCA DO-160 Kategori Lingkungan.

ARINC-429 menerapkan beberapa Teknik Fisik, Protokol untuk meminimalkan Gangguan Elektromagnetik (EMI) dari Radio On-Board atau Peralatan lainnya.

KABEL Transmisi 78 Ω TWISTED-PAIR. Mendefinisikan DIFERENSIAL 10Vp antara Tingkat Data A serta Data B.

ARINC 429 Encoding Data menggunakan (-Bipolar Diferensial Return to Zero -BPRZ-) Terdapat Gelombang Transmisi Pelengkap, yg lebih lanjut akan mengurangi Emisi EMI kabel.

[  ARINC Bus Interface
[  ARINC Protocol Summary
[  ARINC Protocol Tutorial
[  ARINC Technical Revisited
[  ARINC-429 Specification Tutorial
[  Mark 33 Digital Information Transfer Syatem (-DITS-)
[  Standard Measurement Ffor Flight Simulation Quality



Standard Arinc-629 Databus

ARINC-629 Avionik Databus yg diperkenalkan pada Mei 1995 serta dikala ini dipakai pada Boeing-777, Airbus A-330 serta A-340.


ARINC-629 DataBus yg beroperasi sebagai Berbagai-Sumber, Beberapa sistem yg terlibat masing-masing terminal sanggup mengirimkan data ke, serta mendapatkan data dari setiap terminal lainnya yg ada pada DataBus. Ini memungkinkan lebih banyak kebebasan dalam pertukaran data antara unit dalam Sistem AVIONIK

Topologi DataBus jauh lebih Fleksibel dalam bahwa unit pelengkap sanggup cukup gampang diterima secara Fisik pada DataBus.

Fitur yg menarik dari ARINC 629 ialah kemampuan untuk menampung sampai total 128 terminal pada DataBus.Meskipun dalam Implementasi akan tingginya kemudian lintas di DataBus, akan tetapi disokong data rate sebesar 2 Mbps.

Protokol yg dipakai oleh ARINC 629 ialah Time-Based, konsep untuk menghindari gesekan di mana setiap terminal dialokasikan slot waktu tertentu untuk mengakses ke DataBus serta mengirimkan data ke DataBus.

Setiap terminal berdikari akan menetapkan kapan Slot Waktu yg tepat, Tersedia nya Slot waktu melalui penggunaan beberapa Timer Kontrol tertanam dalam antarmuka bus serta mengirimkan data yg diperlukan.

ARINC-629 memakai 20 bit Format Word Data yg menyerupai dengan MILSTD-1553B.



ARINC-629 DataBus dikenal sebagai Digital Autonomous Terminal Access Communication, dikembangkan bersama oleh Boeing serta NASA untuk mengatasi keterbatasan yg dialami oleh ARINC-429, serta kemudian diserahkan kepada ARINC. Meskipun lebih Modern daripada standar sebelumnya, tidak pernah melihat penggunaan yg lebih luas di industri.

Secara pribadi dipakai dalam Boeing 777 serta bahkan pesawat ini terdapat pelengkap Infrastruktur 429 casertagan. Penyebaran tata letak Tripleks-Bus, menyerupai dengan yg ditetapkan oleh 10BASE2 / 10BASE5.

Mengimplementasikan CSMA/CD menyerupai yg dipakai dalam Ethernet, dengan demikian, gesekan sanggup terso di bus. Standar orisinil didefinisikan jam-berkecepatan 2 MHz, yg sanggup diangkat sebagai kemajuan teknologi, serta bus yg dibangun di atas kabel twisted pair dari awal. Seperti ARINC-429 memakai 32 bit

SPESIFIKASI

Bus Architecture Time Division Multiplex
Ports  1st standard, 2nd optional
Wires  Unshielded Twisted Pair
Transmission mode
& coupling                 Current Coupling
Encoding                     Bipolar, Doublets Manchester
Data                             2 Mbps
Bus frequency            2 MHz
Words Selectable        620 Words per Word String,  32 Word Strings
Word Update              1 ms to 10 sec, Update Rate Displayed Instantaneous, Min or Max value
Divination of Areas    Four areas:
                                    Periodic Traffic,
                                    Urgent Aperiodic Traffic,
                                    Non Urgent Aperiodic Traffic (BackLog, New)
Max. Terminal            128

Bit wise Comparison
Data Bit Bits              (4-19) Carrying Data
Bits 1 to 8                  First three bits are related to word time synchronization.
Parity Bit                    Bit no. 20 is parity bit



[  ARINC-629 Data Bus Standard on Aircrafts
[  Modelling and Analysis of THE ARINC-629
[  Timing Analysis of The ARINC-629 DataBus